Australia Keluarkan Travel Advistory, Luhut: Indonesia Aman!

Luhut-Binsar-Panjaitan.jpg
(STRAIT TIMES)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Pascakeluarnya travel advistory pemerintah Australia pada warganya yang sedang atau akan bepergian di Indonesia, situasi di tanah air masih aman. Bahkan, pemerintah Indonesia menjamin keamanan masih terkendali.

 

"Sampai sekarang masih terkendali, semua polisi sudah mampu mendeteksinya, mampu melihat gerakan-gerakan (kelompok radikal) itu," ujar Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, Jumat (26/2/2016).

BACA JUGA : Pesan Australia ke Warganya : Hati-hati di Indonesia

 

Pernyataan Luhut itu menanggapi kebijakan pemerintah Australia yang mengeluarkan travel advisory bagi warga negaranya yang ada atau pun hendak mendatangi Indonesia.


KLIK JUGA : Australia Keluarkan Peringatan, Wisata Bali Tetap Normal

 

Luhut mengatakan, travel advisory tersebut dikeluarkan lantaran pemerintah Australia mendapatkan informasi soal kemungkinan adanya aksi teror di Indonesia. Luhut juga memastikan bahwa pemerintah Indonesia sudah berkomunikasi dengan pemerintah Australia.

 

"Kita katakan kepada mereka bahwa sampai sekarang masih terkendali. Kita juga masih tetap waspada," ujar Luhut.

 

Travel advisory bagi WN Australia yang berada atau akan datang ke Indonesia diumumkan di situs smartraveller.gov.au, Kamis. Indonesia dikategorikan dalam status high degree of caution.

 

"Tingkat peringatan tidak diubah. Namun, kami menyarankan warga Australia untuk berhati-hati di Indonesia, termasuk Bali," demikian bunyi pernyataan itu.