Honorer Bisa Diangkat Jadi PNS, Asal...

Demo-Honorer.jpg
(TEMPO/Amston Probel)

RIAU ONLINE, JAKARTA- Demo yang dilakukan Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I) yang berjalan tertib, Rabu (10/2/2016) diapresiasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi. Yuddy pun mengaku sempat melihat aksi itu.

 

Tak hanya itu, berdasarkan pernyataan Yuddy yang dirilis Tempo, Kamis (10/2), pemerintah sepakat mengangkat tenaga honorer K2 melalui proses verifikasi. Asalkan, pengangkatan itu mempunyai landasan hukum serta adanya anggaran dari Kementerian Keuangan. Menurut Yuddy, hal itu sesuai dengan hasil rapat dengar pendapat yang mereka lakukan dengan Komisi II DPR.

 

Sementara itu, Juru bicara Kementerian PANRB , Herman menjelaskan, pemerintah sudah berupaya maksimal memperjuangkan nasib tenaga honorer K2. Peta kerja penanganan masalah tenaga honorer itu pun telah disusun. Termasuk kebutuhan anggarannya. Menurut dia, belum adanya aturan dan anggaran menjadi penghambat utama mengangkat mereka sebagai pegawai negeri sipil.

 

Sebelumnya, sekitar 15 ribu tenaga honorer demo ke Kementerian PANRB. Berdasarkan pantauan kementerian, peserta demo tak hanya dari Jawa. Ada juga dari Sumatera serta sejumlah kota dari Indonesia bagian tengah dan timur. Dari Riau, tercatat ada dua orang yang ikut turun ke jalan. (tc)