Pakar Sejarah dan Politik Indonesia Ben Anderson Wafat di Malang

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Pakar sejarah dan politik Indonesia Benedict Richard O’Gorman Anderson meninggal dunia di Batu, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (12/12). Jenazah akan dikremasi di Surabaya.

 

“Semalam dia meninggal pukul 23.30 WIB. Sekarang jenazah sedang dibawa ke Surabaya,” kata anak angkat Ben Anderson, Wahyu Yudistira seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (13/12/2015). (BACA JUGA: Rasionalitas dalam Pemilihan Kepala Daerah Langsung

 


Jenazah Ben Anderson - demikian ia biasa disapa memiliki karya terkenal berjudul Imagined Communities. Ia berada di Indonesia untuk peluncuran bukunya yang berjudul ‘Di Bawah Tiga Bendera’, sekaligus menghadiri kuliah umum bertajuk ‘Anarkisme dan Nasionalisme’ di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis pekan lalu.


“Dia sangat suka dengan Indonesia. Usai kuliah umum di UI, dia memang ingin ke Surabaya,” ujar Wahyu. Menurutnya, Ben kemungkinan kelelahan.

 

Ben Anderson wafat pada usia 79 tahun. Dia merupakan Profesor Emeritus Studi Internasional di Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline