Cerita Aan Geisha Kakaknya Keguguran Akibat Asap

Geisha.jpg
(SUARA.COM)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan melanda Riau telah membawa derita warga bumi lancang kunig. Dinas Kesehatan Riau mencatat 61.764 warga Riau terjangkit penyakit paparan asap.

 

Kakak drumer band Geisha, Aan, menjadi salah satu korban asap yang menyerang kota Pekanbaru, Riau, yang sudah lebih dari sebulan tak kunjung padam. (KLIK: Jarak Pandang Membaik, Aktivitas Bandara Belum Normal)

 

Aan bercerita kakaknya sedang hamil tiga bulan dan akhirnya keguguran karena terkena ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut.

 

"Jadi mama kemarin ngabarin melalui telepon kakak yang lagi hamil tiga bulan keguguran," kata Aan saat ikut demonstrasi Melawan Asap di Bundaran Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015). Sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman SUARA.COM. (LIHAT: Malaysia, Singapura Bantu Indonesia Padamkan Api)

 

Aan menambahkan korban ISPA bukan hanya menyerang satu ibu hamil. Dia diceritakan oleh ibunya di Pekanbaru bahwa ada sepuluh perempuan lainnya mengalami hal yang sama.

 

"Itu janinnya nggak berkembang dan yang lebih miris masih banyak lagi bayi-bayi temen yang punya anak setahun dan bayi batuk-batuk sampai parah dan ada yang meninggal juga," ujarnya. (BACA: Jokowi Akan Beli Tiga Helikopter Pemadam)

 

Dia mengaku sedih dan tidak menyangka semua penyebabnya karena dampak asap yang melanda kampung halamannya.

 

"Pasti kalau denger itu kecewa dan sedih dikirain itu keguguran biasa, tapi ternyata itu karena ISPA," tandasnya.