42 Jadwal Penerbangan Batal Gara-gara Asap

PILOT-BANDARA.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan masih mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Jarak pandang berkisar 1000 meter sehingga 42 penerbangan dibatalkan, Sabtu (3/10/2015).

 

"Dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB itu jarak pandang hanya di bawah 1000 meter. Akibatnya sampai sekarang sudah ada 42 penerbangan yang batal terbang dari total 74 penerbangan yang dijadwalkan," terang lelaki yang akrab disapa Ongah ini kepada RIAUONLINE.CO.ID ketika dihubungi via telepon. (KLIK: 54 Ribu Warga Riau Sakit Gara-Gara Asap)

 

Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Riau ini mengatakan semua maskapai mengalami pembatalan penerbangan akibat asap. "Semua maskapai pasti pesawatnya ada yang dibatalkan peberbangan. Tapi kalau Air Asia itu semua penerbangannya dua hari ini telah batal karena asap," pungkas Hasnan. (BACA: Bayi Perempuan Ini Korban Ganasnya Asap Sumatera)

 

Hingga pukul 16.00 WIB jarak pandang atau visibility hanya berkisar 1000 meter saja. "Sampai sekarang yang sudah mendarat itu ada 10 pesawat dan yang terbang sudah ada 12. Yang 2 lebihnya itu pesawat yang menginap atau RON." (LIHAT: Ada 111 Titik Panas di Sumatera, Riau Nihil)

 

Namun tersisa 10 jadwal penerbangan hingga malam nanti. Kondisi inipun belum bisa dipastikan apakah 10 penerbangan tersebut dapat berjalan lancar atau malah dibatalkan, sebab semuanya tergantung cuaca. (INFO: Gaffar Usman: Harus Ada Teknologi Cegah Asap)

 

Kendati titik api di Riau nihil sesuai data dari BMKG, kondisi asap di Riau cukup buruk. Sejak pagi sinar matahari temaram lantaran tidak mampu menembus asap. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, asap saat ini merupakan kiriman dari Jambi dan Sumsel yang jumlahnya ratusan titik api.