Jokowi Blusukan Asap, Riau Siaga I

Pemadam-Padamkan-Api-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Komandan Korem 031/Wirabima bersama Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Kapolda Riau dan Pemprov Riau mengadakan Rapat Pengamanan terkait kunjungan Preisden RI, Joko Widodo, beserta seluruh rombongannya, rencananya tiba di Pekanbaru Kamis (24/9/2015) sore, mendatang.



Rapat ini dihadiri seluruh jajaran pengamanan Riau ini digelar di Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Riau, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. (Baca Juga: Jokowi Blusukan Asap Usai Shalat Ied di Bukittinggi

 

“Kita memberlakukan status Siaga 1 terkait kedatangan Pak Presiden ke Riau, 24-25 September 2015 nanti. Kita akan mensterilkan rute-rute akan dilewati rombongan Presiden dengan menempatkan pasukan di Ring 1,” ujar Syafrianto kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu (19/9/2015) siang.

 

Selain itu, Syafrianto menyebut pengamanan ini diberlakukan di semua titik-titik strategis dan persimpangan di Kota Pekanbaru. “Kita akan meletakkan personil-personil gabungan kita di tiap persimpangan yang cukup ramai dilewati. Selain itu pengamanan antisipasi demonstrasi juga akan kita kerahkan sebanyak mungkin,” ujar Syafrianto. (Klik Juga: Lion Air Berani Alihkan Tiket Presiden Jokowi

 

Menurut Kapenrem, ada sekitar 3.000 lebih personil akan dikerahkan dalam pengamanan presiden nanti. “Untuk jumlah pastinya saya lupa, tapi yang jelas ada sekitar 3000an lah yang dikerahkan besok,” pungkasnya. 

 

Sebelumnya, rencana kedatangan Presiden Joko Widodo untuk blusukan asap akan dilakukan usai kunjungan kerjanya (Kunker) ke provinsi tetangga, Sumatera Barat (Sumbar), 23-24 September 2015 mendatang.

 

Dari jadwal diperoleh RIAUONLINE.CO.ID dari sumber di Istana Negara, Joko Widodo (Jokowi) akan bertolakdari Jakarta, Rabu (23/9/2015), sekitar pukul 08.00 WIB menuju Sumatera Barat. Setibanya di Padang, ia akan melanjutkan perjalanan ke objek wisata Mandeh, Pesisir Selatan menggunakan helikopter Puma. (BACA JUGA: Jokowi Datanglah ke Riau, Ini Tiket Pesawatnya)

 

Usai di sana, Jokowi direncanakan melakukan kunker ke peternakan sapi di Kabupaten 50 Kota. Selain itu, presiden juga akan meninjau rumah Proklamator Bung Hatta di Bukittinggi dan akan menginap di The Hills, Novotel lama, dekat jam gadang.

 

Esok harinya, Kamis (24/9/2015), Jokowi melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Wirabraja dan bertemu warga sambil makan bersama di Istana Bung Hatta, sebelah kompleks The Hills Hotel. Di sana, Jokowi akan membagi-bagikan kartu sakti, program selama ini yang digadang-gadangkannya.

 

"Jokowi akan ke Riau Kamis sore usai menjalankan kunker di Sumbar. Ia ke Pekanbaru menggunakan pesawat untuk blusukan asap," tutur sumber tersebut. (KLIK:Kasihan Anak-anak Rentan Terdampak Asap)

 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, Jokowi ke Riau sekitar tanggal 22-23 September 2015. Warga Riau diminta sabar menanti.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline