Tanpa Masker Jokowi Tinjau Lahan Terbakar

jokowi.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Ada yang menarik saat Presiden Jokowi meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di kawasan Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, Minggu (6/9) kemarin. Orang nomor satu di negara ini ternyata tak memakai masker padahal abu sisa kebakaran masih berterbangan.

 

Saat itu Jokowi didampingi oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Nampak Badrodin mengenakan masker meski tak dikenakan sempurna melindungi hidungnya.

 

Jokowi nampak berjalan-jalan di antara pepohonan yang kering yang tersengat panas api kebakaran. Dia mengenakan kemeja khasnya, warna putih dengan lengan digulung. Dia juga mengenakan helm putih.


 

Udara masih terlihat cukup berasap. Namun Jokowi tetap saja tak mengenakan masker. Sesekali dia berbincang dengan Badrodin dan Gatot.

 

Soal gangguan asap terhadap pernafasan warga, Jokowi meminta penanganan kesehatan mengingat banyaknya penduduk yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Kemudian terakhir sosialisasi tentang bahaya bencana kabut asap dan dampaknya bagi kesehatan.

 

Jokowi menjelaskan, saat ini sudah terjadi penurunan titik api yang semula 321 kini menjadi 129. Semula kawasan yang terbakar seluas 8.000 ha, kini berkurang 1.000 ha. Namun menurutnya hal itu tetaplah mengganggu.

 

"Saya tidak ingin lagi bicara masalah penyebabnya apa, solusinya apa. Semuanya sudah tahu apa yang harus dilakukan," kata Jokowi seperti dikutip dari Detik.com.

 

Ia meminta agar semua aparat terkait segera menyelesaikan pemadaman api. Kemudian dilakukan pengusutan terkait kebakaran hutan tersebut apakah itu karena kelalaian ataupun dilakukan secara sengaja.