Coba Cara Ini Untuk Isi Liburan di Rumah Bersama Anak

kamar-anak.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Waktu liburan dapat dimanfaatkan untuk melatih kreativitas dan kemandirian anak. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi liburan sekolah di saat asap mengganggu seperti kali ini?

 

1. Mendekorasi Kamar Tidur Anak


Ajak anak untuk menata kembali kamar tidurnya. Kamu bisa membantu dengan memberikan beberapa gambar desain kamar tidur anak sebagai ide kreatifnya. Biarkan anak memilih tema dan warna kamar tidurnya. Dengan mendekorasi kamar tidurnya sendiri, anak belajar untuk mengasah kreativitas dan tentu saja anak akan lebih semangat untuk merapikan kamar tidur. Selain itu, tambahkan juga meja belajar baru untuk menghiasi kamar tidur anak, agar si kecil semangat belajar.

 

2. Menata Ulang Lemari Pakaian Anak



Kesal melihat lemari pakaian anak yang selalu berantakan? Nah, saat liburan sekolah di rumah ajak anak untuk merapikan lemari pakaiannya. Dengan anak belajar menata lemari, menyusun pakaian sesuai dengan fungsi dan kebutuhan maka anak akan terlatih kemampuan anak untuk mengorganisir. Selain itu anak juga memahami bahwa dirinya bertanggung jawab terhadap isi lemari pakaian anak. Sehingga anak tidak asal sembarangan saat mengambil pakaian dan membuat lemari berantakan karena anak tahu betapa sulitnya menata lemari pakaian.

 

3. Mengenalkan Permainan Tradisional


Kalau selama ini anak tidak memiliki waktu untuk bermain sepuasnya, saat liburan sekolah ibu bisa memanfaatkan dengan memberikan kelonggaran anak bermain. Kamu bisa mengenalkan permainan tradisional yang mungkin saja selama ini tidak pernah dilakukan oleh anak. Padahal, banyak permainan tradisional yang bisa mengasah kecerdasan anak. Nah, kamu bisa mengajak anak bermain congklak, yoyo, layang-layang hingga kelereng.

 

4. Daur Ulang Kaleng Bekas


Untuk melatih kecerdasaan anak, kamu bisa mengajak anak untuk memanfaatkan benda di rumah untuk dibuat sesuatu yang bermanfaat. Misal, dari kardus bekas, kamu bisa menantang anak untuk membuat rak sepatu sendiri. Atau dari kaleng bekas susu, anak bisa membuat wadah untuk menyimpan perlengkapan menulisnya. Agar lebih menarik, kamu bisa memberikan reward berupa bintang. Jika anak berhasil mengumpulkan bintang sebanyak 5 buah selama liburan, kamu bisa membelikan tas sekolah atau sepatu baru untuk anak. Asyik lho Bu! (pelangi mizan)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline