Garuda Akhirnya Bisa Mendarat di Pekanbaru

Kabut-Asap-Delay.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah lumpuh dari pagi hingga sore hari akibat landasan pacu tertutup asap. Akhirnya satu pesawat Garuda GA 198 dari Jakarta berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Jarak pandang di bandara berangsur membaik mencapai 1.200 meter.

 

"Alhamdulillah, akhirnya pesawat ada yang mendarat," kata Duty Manajer Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, melalui pesan Blackberry, Jumat (4/9/2015).

 

Menurut Ibnu, Garuda berhasil mendarat pukul 21.50. Tepat pukul 21.00 jarak pandang naik menjadi 1.200.

 

Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru sempat lumpuh total tanpa ada pesawat satupun yang mendarat akibat gangguan asap sisa kebakaran hutan dan lahan di Riau. Jarak pandang menurun sampai 500 meter. Hingga Jumat (4/9/2015) sore, pukul 17.30 WIB, setidaknya tercatat 32 penerbangan harus dibatalkan (cancel) baik kedatangan maupun keberangkatan.

 

Beberapa maskapai terpaksa mengembalikan tiket. penumpang harus mengantre hingga tiga jam lebih hanya untuk menukarkan tiket mereka (refund) atau menjadwalkan ulang keberangkatan.

 

Penumpukan ini sangat terlihat di depan pintu pelayanan pelanggan (Customer Service) Bandara hendak melaporkan batalnya keberangkatan pesawat mereka. Sedangkan sebagian sisanya mengalami delay yang belum mendapat kepastian kapan akan diberangkatkan.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID di Bandara SSK II, para penumpang sudah mengular untuk mengantre satu per satu menuju layanan penumpang sejak pukul 12.00 WIB.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline