Plaza Tertua di Medan Ludes Dilalap Api

plaza-medan.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, MEDAN - Salah satu bangunan plaza tertua di Kota Medan yaitu Medan Plaza di Jalan Iskandar Muda, terbakar pada Sabtu (22/8/2015) dini hari. Si jago merah dengan cepat berkobar dan menghanguskan seluruh barang-barang yang ada di dalam gedung. Sebanyak 30 mobil pemadam kebakarn dikerahkan untuk memadamkan.

Petugas pemadam kebakaran cukup kewalahan memadamkan api karena banyaknya asap. Api terlihat sudah menjalar ke seluruh bagian gedung berlantai enam itu sejak Pukul 01.00 WIB. Ratusan kios yang berada di dalam gedung pun dipastikan musnah terbakar.

 

Menurut salah seorang warga bernama Randi, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Awalnya ia melihat api berada di lantai atas dan menjalar ke seluruh bagian lantai atas hingga menimbulkan kebakaran besar.

 

"Pas jam 01.00 tadi apinya nggak terlalu besar, enggak lama ada suara seperti dentuman dan membuat apinya menjadi besar, kami yang duduk-duduk di sini jadi panik dan melaporkan kepada petugas penjaga gedung,” kata Randi saat ditemui di lokasi kebakaran, Sabtu (22/8/2015).


 

Warga yang tinggal di Jalan Orion, tepat di samping gedung Medan Plaza ini juga mengatakan, kebakaran yang terjadi kali ini sama seperti kebakaran yang terjadi pada tahun 90-an lalu, di mana api sangat sulit dipadamkan dan kebakaran juga berasal dari lantai atas gedung.

 

"Kebakarannya sama seperti tahun 90-an lalu, lupa saya tepatnya, api juga berasal dari atas gedung, pemadamannya juga lama, dari pagi sampai siang kalau saya nggak salah," ujar Randi.

 

Hingga saat ini Pukul 09.00 WIB, api yang melahap seluruh isi gedung belum juga dapat dipadamkan oleh DP2K Kota Medan, meskipun mereka menurunkan 30 mobil pemadam kebakaran.

 

Sejumlah personel kepolisian yang berada di lokasi fokus menjaga situasi keamanan untuk menghindari terjadinya penjarahan. (liputan6.Com)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline