Aktual, Independen dan Terpercaya


Asap Belum Mengkhawatirkan, DPRD: Coba Syamsuar Maraton Pagi Hari

Gubernur-Syamsuar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Riau, Husni Tamrin, angkat bicara terkait pernyataan Gubernur Riau, Syamsuar, menyebut kondisi kabut asap di Riau belum mengkhawatirkan.

"Saya tak mau menilainya, tapi yang jelas, kalau seperti Pak Gubernur dan kami ini tentu tidak terasa, karena kami ada di dalam ruangan ber-AC terus," kata politisi Gerindra ini, Kamis, 8 Agustus 2019.

Jika Syamsuar ingin merasakan bagaimana kondisi nyata kabut asap, Tamrin menyarankan Syamsuar mencoba menghirup udara di luar ruangan terutama di pagi hari.

"Cobalah maraton pagi-pagi di luar. Terasa tu. Merasakan dampak asap ini anak-anak sekolah, buruh-buruh kasar. Kalau di ruangan AC ya manakan terasa," katanya.

Sejak pekan lalu, asap mulai terlihat menyelimuti langit Pekanbaru. Meski begitu, Gubernur Riau, Syamsuar, penanganan Karhutla di Riau masih berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur berlaku. Syamsuar melanjutkan, kondisi Karhutla saat ini terjadi tidak perlu dikhawatirkan.

"Alhamdulillah, sampai saat ini masih baik penanganannya di semua kabupaten dan kota. Sesuai petunjuk Kepala BNPB, itulah menjadi pekerjaan kami. Jadi sampai saat ini, belum mengkhawatirkan (kesehatan)," kata Syamsuar, selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Bencana Karhutla Riau, Senin, 29 Juli 2019.

Meski menyebut kondisi Karhutla di Riau belum mengkhawatirkan, namun Pemprov sudah mengirimkan surat edaran kepada seluruh bupati dan wali kota, agar membantu penanganan dan pencegahan Karhutla di wilayah masing-masing.