Aktual, Independen dan Terpercaya


Dalam Sehari, 4 Titik di Bengkalis Ini Membara

Padamkan-Lahan-Terbakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: ANDRIAS 

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Dalam sehari, selama Sabtu, 16 Februari 2019, empat titik berbagai tempat di Kabupaten Bengkalis membara. Keempat titik terbakar tersebut berada di beberapa desa berbeda, 

Keempat titik terbakar tersebut berada di lahan milik seorang warga bernama Sitanggang, Jalan Pemda Lama km 28, Dusun 5, Desa Tasik Serai Barat, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, dengan perkiraan luas lahan terbakar sekitar 10 Ha. 

Tak hanya itu, di Kecamatan Bathin Solapan, tepatnya di Jalan Sarai Wangi RT04/RW05, Desa Simpang Padang, dengan perkiraan luas lahan terbakar 1 ha. Api kemudian berhasil dipadamkan. 

Selain itu, di Kecamatan Bantan, juga terjadi kebakaran hutan dan lahan di Jalan Akit Jaya Ujung, Desa Kembung Baru, Kecamatan Bantan dengan perkiraan luas lahan terbakar sekitar 3 ha, akhir pekan lalu, Sabtu, 16 Februari 2019, dengan luas lahan terbakar 3 ha.

"Saat ini BPBD Kabupaten Bengkalis terus melakukan pemadaman di Kecamatan Rupat tepatnya di Jalan H Abdul Haris, Desa Sri Tanjung tersebut," kata Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Darwissam, Senin, 18 Februari 2019. 

 

Sebelumnya, selama sepekan kemarin, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sri Tanjung dan Teluk Lecah, Kecamatan Rupat, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, belum bisa terpadamkan secara menyeluruh.

Hingga Senin, 18 Februari 2019, tim gabungan masih bertungkus lumus memadamkan api. Tim gabungan terdiri dari BPBD, Masyarakat Peduli Api (MPA), Pemadam Kebakaran (Damkar), Fire Fighter PT SRL, prajurit TNI dan Polri, serta Manggala Agni. 

Selanjutnya, kebakaran lahan juga merambat hingga Jalan Sekda dan Kelurhan Terkul di Jalan Kampung Baru, Teladan dan Sulawesi, Kecamatan Rupat. Perkiraan luas lahan terbakar sekitar 70 hektare (Ha0. 

"Peralatan dikerahkan dari BPBD berupa mesin 3 buah selang 28 Roll, Damkar mesin 2 buah selang 15 Roll, PT SRL dengan mesin 10 selang 50 Roll, serta Mangala Agni mengerahkan 3 mesin, 20 Roll," jelas Darwissam.
Sementara itu, data diterima SELASAR RIAU, kebakaran hutan dan lahan sepekan terakhir juga melanda beberapa wilaya di Kecamatan Talang Mandau.