BBKSDA Riau Sita 32 Burung Bangau dari Warga Kampar dan Inhu

ilustrasi-burung-banagu.jpg
(internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dalam dua hari terakhir menyita sebanyak puluhan burung kategori dilindungi.

Seluruh burung tersebut disita dari dua lokasi berbeda, Indragiri Hilir dan Kampar.

Pengungkapan terbaru adalah 14 burung jenis bangau jambul putih berparuh hitam kuning yang teridentifikasi sebagai Ardea sp di Kampar pada 12 Februari 2019 kemarin. Sementara 18 lainnya ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir, sehari sebelumnya. 

Di Kampar, belasan burung karnivora pemakan ikan yang masih anakan dan diperkirakan berusia kurang dari satu tahun tersebut disita Polisi Kehutanan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dari tangan warga bernama Dani.

"Beberapa kondisinya stres karena saat ditemukan mereka terikat," kata Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, Mahfud di Pekanbaru, Rabu.

Mahfud menuturkan jika burung bangau Adrea sp tersebut secara umum jenis unggas endemi Sumatera. Selain itu, penyebaran satwa tersebut juga ada di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

Namun, dalam beberapa waktu terakhir populasinya terus menurun. Meski dia tidak menyebut angka pasti jumlahnya, dia menuturkan burung itu dalam kondisi terancam sehingga harus dilindungi.


Belasan burung tersebut disita dari seorang warga Desa Kampung Pinang, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar. Saat ditemukan, seluruh burung yang masih anakan itu ditemukan dalam keadaan terikat pada bagian kaki.

Namun, dia menuturkan tidak memberikan tindakan tegas kepada warga itu, melainkan hanya pembinaan.

Humas BBKSDA Riau Dian Indriani menjelaskan dalam tiga hari terakhir tim BBKSDA Riau telah menyita 32 unggas jenis Ardea sp. Selain 14 ekor di Kampar, 18 ekor lainnya turut disita petugas di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

"Untuk yang 18 ekor sudah dilepasliarkan. Nanti apabila 14 ekor ini sudah sehat juga segera kita lepasliarkan," kata Dian. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id