Fenomena Apakah ini? Gempa Misterius Muncul di Seluruh Dunia

GEMPABUMI1.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Semua peristiwa alam yang cukup mengejutkan, terjadi baru-baru ini. Sebuah gelombang seismik misterius muncul dan menjalar ribuan kilometer ke seluruh dunia.

Gelombang seismik misterius yang tidak bisa dirasakan oleh seorang pun di permukaan Bumi itu tertangkap sensor gempa di Afrika, Kanada, Selandia Baru, dan Hawaii.

Penemuan gelombang seismik tersebut berawal dari aktivitas penggiat gempa bumi di Selandia Baru yang sedang memantau tampilan data real-time seismogram online milik Survei Geologi Amerika Serikat.

Menurut data seismogram tersebut, gelombang seismik itu bermula dari lepas pantai Mayotte, sebuah kepulauan Perancis di Samudra Hindia yang terletak di antara Madagaskar dan Afrika.

Data tersebut kemudian diunggah di Twitter yang langsung mendapat respons dari para ahli geologi di seluruh dunia.

Mereka merasa heran ada getaran gempa yang tidak bisa dirasakan manusia tapi terpantau oleh sensor gempa di seluruh dunia.

Para ahli juga merasa bingung dalam menyimpulkan asal usul gelombang seismik yang aneh itu.

Tidak seperti gempa bumi pada umumnya, bacaan dari getaran atau tremor Mayotte memperlihatkan gelombang frekuensi rendah yang konsisten.

Getaran halus itu berlangsung lebih dari 20 menit. Seolah planet kita berdering seperti lonceng.

Padahal getaran gempa bumi tradisional menghasilkan sentakan dari berbagai gelombang frekuensi tinggi yang menimbulkan guncangan hebat.


Kemunculan gelombang seismik misterius itu memicu spekulasi tentang penyebab dan asal usulnya.

Ada yang menyebut gelombang seismik aneh itu disebabkan oleh uji coba nuklir rahasia. Sementara yang lain mengatakan penyebabnya adalah monster laut atau meteor jatuh.

Namun Goran Ekstrom, seorang ahli seismologi di Universitas Columbia, mengatakan kepada National Geographic, bahwa penyebab gelombang seismik tersebut bukan seperti yang diutarakan oleh orang-orang.

Profesor Ekstrom mengemukakan bahwa fenomena seismik tersebut adalah sebuah gempa bumi yang terjadi secara lambat.

Gempa bumi lambat lebih tenang daripada gempa tradisional karena terjadi akibat pelepasan stres secara bertahap yang dapat berlangsung selama periode waktu yang signifikan.

"Tetap mengalami deformasi yang sama, tetapi tidak disertai oleh sentakan," kata Profesor Ekstrom.

* Bisa Karena Perpindahan Magma di Perut Bumi

SEJAK Mei tahun ini, area di lepas pantai Mayotte telah mengalami apa yang dikenal sebagai 'kolam gempa bumi' yaitu tempat terjadinya ratusan peristiwa seismik selama beberapa hari atau minggu.

Tetapi aktivitas geologi ini telah berkurang secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, analisis oleh Survei Geologi Prancis menunjukkan bahwa gelombang aneh itu menandakan adanya gerakan massa magma di bawah kerak bumi, seperti runtuhnya ruang dapur magma.

Republik Demokratik Kongo pernah mengalami peristiwa serupa pada tahun 2002. Saat itu sebuah gempa bumi lambat dan gelombang seisimik frekuensi rendah telah dikaitkan dengan runtuhnya ruang dapur magma di bawah Gunung Nyiragongo.

(Sumber: ABC Australia)

Tulisan ini sudah tayang di Dream.co.id dengan judul "Gempa Misterius Terdeteksi Alat Sensor Seluruh Dunia, Ilmuwan Bingung"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id