ÔĽŅ

Ikut KTT Planet Summit 2017, Noviwaldy Jusman Terbang ke Paris

Wakil-Ketua-DPRD-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman mewakili Riau dalam KTT membahas perubahan Iklim one Planet Summit di Paris, Perancis bersama beberapa pejabat di Indonesia lainnya.

Dalam acara tersebut, pria yang akrab disapa Dedet tersebut mengaku puas karena bisa berdiskusi dengan negara lain membahas penanganan masalah perubahan iklim.

"Waaah sangat bagus..masing masing negara menceritakan bagaimana penanganan ditempat mereka juga kendala kendalanya," kagumnya saat dihubungi Selasa, 12 Desember 2017.

Dijelaskannya, selain membahas cara penanganan perubahan iklim, para peserta diskusi juga menceritakan kendala-kendala yang dihadapi dalam menangani permasalahan ini.

"Ada beberapa kendala yang terjadi, seperti kendala alam dan dalam kendala pemberian pemahaman ke masyarakat umum maupun masyarakat pengusaha," terangnya.

Dalam diskusi tersebut, Dedet juga memberi apresiasi kepada langkah negara Amerika Utara yang bertindak lebih disiplin karena sanksi yang diterapkan dilaksanakan dengan serius.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim One Planet Summit di Paris, Perancis dijadwalkan berlangsung hinga Kamis, 14 Desember 2017 mendatang. Indonesia mempertegas perannya sebagai negara terdepan dalam mengatasi perubahan iklim dunia dengan mengirimkan wakilnya di konferensi tingkat internasional ini.

Salah satu pejabat yang hadir wewakili Presiden RI, adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Ia telah telah berada di Paris, Perancis, pada Senin, 11 Desember 2017. Selain itu, juga hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Nur Masripatin.

Termasuk perwakilan parlemen Noviwaldy Jusman dari DPRD Riau. Penunjukan Noviwaldy yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Riau ini, Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan itu sebagai bentuk keseriusan pihaknya mengawal agenda perubahan iklim serta terkait manajemen gambut.

Dalam KTT Climate Summit di Paris, ada dua agenda pokok yang salah satunya mengenai 'Accelerating Local & Regional Climate Actions'.

"Saya berharap perwakilan dari DPRD Riau bisa mendapatkan insight, bisa diskusi dengan negara-negara lain bagaimana action daerah untuk perubahan iklim. Karena Riau menjadi salah satu provinsi prioritas kita dalam hal tata kelola gambut. Karena di wilayah ini gambut sudah sangat kritis," ujar Menteri Siti Nurbaya yang dikutip dari Tempo.co.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id