Ini Data Luas Lahan Terbakar di Riau

Padamkan-Api-Gambut.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Tim Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Riau mengeluarkan data jumlah lahan terbakar yang ada di Riau sejak 24 Juni hingga 2 September 2015 lalu. Menurut data tersebut, lahan Riau yang terbakar berjumlah 3.043 hektar yang meliputi semua kabupaten/ kota. Namun dari jumlah tersebut, baru 2.895 hektar yang berhasil dipadamkan.



Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau, Ir. Fadzrizal Labay MP, yang ditemui oleh RIAUONLINE.CO.ID, usai mengikuti Rapat Forkopimda dan Tim Satgas Siaga Darurat Bencana Asap. Menurutnya, dari semua jumlah tersebut, masih ada 148 hektar lagi masih aktif terbakar.



“Sebanyak 148 hektar sisanya itu lahan gambut dan sulit dipadamkan. Di permukaan memang sudah padam, tapi di bawah baranya masih hidup dan merambat terus. Ini yang membuat Tim Satgas sulit memadamkannya,” ucap Fadzrizal, Jumat (4/9/2015).

 

Dari jumlah 3.043 hektar lahan yang terbakar, Indragiri Hilir, Pelalawan dan Rokan Hilir, merupakan 3 kabupaten tertinggi penyumbang lahan terbakar di Riau. Masing-masing 602,5 hektar, 540,25 hektar dan 420 hektar. Sedangkan kabupaten terkecil jumlahnya adalah Kepulauan Meranti dengan total 36 hektar.



Dari jumlah keseluruhan yang terbakar, sekitar 1.200-an hektar terbakar milik konsesi perusahaan baik, HTI maupun perkebunan.