Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

Jadi Primadona Youtubers Indonesia, Anak Muda ini Bisa Raup Rp 4,5 M Sebulan

Youtube-Ria-Ricis.jpg
(IDN Times)

RIAUONLINE, JAKARTA - Media sosial berbasis video, YouTube menjadi primadona di Indonesia. Indikasinya, 1.700 lebih saluran berhasil meraih 100 subscribers di tahun 2018. 

Jumlah ini meroket tajam dibandingkan tahun 2017 yang mentok di angka 270. Sementara itu, setiap pekan ada tiga saluran yang meraup subscribers lebih dari 100 ribu.

"Inilah sebabnya mengapa kami berkomitmen terus bekerja dengan pembuat konten. Untuk memastikan kami memberi mereka tool (alat) yang paling berguna," tulis Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan melalui surel ke kumparan, Kamis (15/11).

Ditambah lagi, pemegang gold button atau saluran peraih satu juta subscribers melonjak drastis. Dari 17 saluran pada 2017 menjadi 85 di tahun 2018.

Melihat fenomena YouTube di Indonesia, Praktisi Media Sosial Nukman Lutfhie menilai, platform ini merupakan yang paling hebat dan nomor satu. Pasalnya, pengguna tidak perlu login seperti di Facebook atau media sosial lain untuk menyaksikan konten Youtube.

"Anak-anak muda sekarang nonton TV-nya kurang, tapi lihat YouTube-nya lama," kata Nukman.

Lonjakan angka itu membuat kumparan penasaran, siapa yang menjadi pemegang takhta kerajaan YouTube di Indonesia? kumparan pun menggunakan Social Blade yang merupakan situs pengukur performa akun-akun media sosial.

Tujuannya, untuk melihat akun-akun terpopuler di Indonesia berdasarkan jumlah subscribers.

Pemantauan ini dilakukan kumparan selama satu bulan sejak 12 Oktober hingga 10 November 2018.

Hasilnya beragam, mulai dari temuan 10 besar akun dengan subscribers tertinggi, soal pendapatan YouTubers, hingga performa mereka dibanding selebritas televisi yang juga bermain di YouTube.

Dari sisi subscribers, ada nama Atta Halilintar yang dijuluki King of YouTube Indonesia di peringkat satu. Lalu disusul Ria Ricis yang bergelar Queen of Youtube di posisi kedua.

Selain Atta dan Ricis, Social Blade menunjukkan, saluran atau akun milik kalangan di luar selebritas televisi menguasai daftar sepuluh besar. Bahkan salah satunya, merupakan saluran game yakni Jess No Limit.

Selain angka subscribers, Social Blade juga memprediksi penghasilan para YouTuber yang angkanya sangat fantastis.

Misalnya Atta Halilintar dan Ria Ricis yang diprediksi bisa meraup antara Rp 256 juta hingga Rp 4,5 miliar per bulan.

Selain berdasarkan Social Blade, kumparan juga mewawancarai sumber-sumber relevan.

Mulai dari Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan yang jadi perwakilan YouTube di Indonesia, Praktisi Media Sosial Nukman Lutfhie, serta beberapa YouTubers.

Tulisan ini sudah tayang di Kumparan.com dengan judul "Siapa YouTuber Nomor Satu di Indonesia?"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id