8 Kegiatan Sederhana Ini Bisa Menghilangkan Stres

Banyak-Pikiran-atau-Stress.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Meski era modern memberikan kita banyak kemudahan, yang namanya beban hidup tidak bisa dipandang enteng.

Terlalu banyak tuntutan dan melakukan berbagai kegiatan membuat hidup terasa berat yang dapat memicu terjadinya stres. Tentu stres yang berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan jasmani ataupun rohani.

Nah, stres sebenarnya bisa diatasi dengan mudah tanpa harus menguras banyak tenaga. Berikut kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres secara perlahan-lahan seperti dikutip dari LIPUTAN6.COM, Minggu 5 Agustus 2018.

1. Mendengarkan Musik

Musik diibaratkan irama kehidupan manusia. Alunan musik dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Bila stres melanda, nyalakan musik favorit Anda.

Fokuslah untuk mendengar musik selama beberapa menit hingga beban pikiran terasa ringan. Setelah itu, Anda bisa kembali melanjutkan pekerjaan dengan pikiran yang lebih tenang untuk hasil yang lebih optimal.

2. Berolahraga

Olahraga sangat baik untuk menyehatkan anggota tubuh, juga mengatasi stres. Sisihkan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan semisal yoga.

Dengan melakukan yoga, pikiran pun jauh lebih tenang. Anda juga akan merasa lebih rileks dan lebih mampu berpikir jernih saat menghadapi fenomena yang terjadi dalam hidup.

3. Makan

Manusia membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Namun faktanya, makan juga salah satu obat penghilang stres yang manjur.

Dalam makanan, terdapat kandungan energi dan vitamin yang sangat bagus untuk menurunkan kadar stres secara perlahan.

Lagi pula makan juga menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mampu membuat hidup jadi lebih bahagia apalagi yang lezat.

4. Pijatan Ringan

Pijatan ringan pada seluruh anggota tubuh dapat menghilangkan rasa lelah. Tekanan yang dihasilkan dari efek pijatan juga mampu membuat otak saraf lebih tenang sehingga otak mampu bekerja lebih baik dan terhindar dari stres.

Pergilah ke terapi pijat untuk mendapat pijatan yang lebih enak. Meskipun Anda sibuk, cobalah untuk meluangkan waktu setidaknya 20-25 menit dalam seminggu untuk memanjakan diri dengan pijatan.

Dengan begitu, kinerja tetap stabil, Anda pun jadi lebih siap untuk menghadapi segala jenis tantangan yang ada di kantor.

5. Menulis

Peristiwa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bisa Anda tuliskan ke secarik kertas. Dengan menulis, seluruh luapan perasaan akan terungkap sehingga beban yang membekas selama beberapa hari bisa hilang secara perlahan.

Bila ada satu peristiwa yang membuat lelah dan kesal, Anda juga lebih mampu untuk menyikapi peristiwa tersebut supaya stres tidak selalu membayangi kehidupan.

6. Membersihkan Rumah

Sejatinya, berbaring di tempat tidur bukan cara untuk menghilangkan stres. Beranjaklah dari tempat tidur dan bersihkan rumah secara menyeluruh.

Bersih-bersih rumah memang melelahkan, tapi kegiatan ini sangat bagus untuk menghilangkan stres. Sebab beranjak dari satu tempat ke tempat yang lain secara tidak langsung merupakan bentuk penyegaran mata sehingga rasa suntuk perlahan-lahan bisa menghilang.

Bahkan, selain membuat badan lebih segar, rumah pun jadi rapi, bukan?

7. Menjauhkan Gadget

Membaca artikel seputar dunia kerja, menerima email dari rekan kerja, ataupun media sosial secara tidak langsung akan membuat pikiran tidak tenang.

Faktor tuntutan yang berasal dari dunia luar menjadi pemicu utama stres. Sebab dunia luar selalu berekspektasi lebih yang membuat Anda tertekan.

Daripada stres terus-menerus, jauhkan gadget dari penglihatan dan mulailah beristirahat agar pikiran jauh lebih tenang saat bangun tidur nanti.

8. Menonton Komedi

Tontonan seputar dunia ekonomi, politik, dan sosial budaya juga bisa memicu stres.

Alangkah baiknya untuk menghindari segala jenis tontonan yang bersifat serius dan membuat stres.

Beralih lah ke channel lain, semisal tontonan komedi, yang bisa membuat Anda tertawa terbahak-bahak sehingga beban pikiran menjadi berkurang dan tubuh juga jadi lebih sehat.

Lakukan Kegiatan Sederhana Penghilang Stres Pergi liburan memang menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk menghilangkan stres.

Namun, liburan tentunya bukan jadi satu-satunya cara. Dengan melakukan berbagai aktivitas sederhana, beban pikiran pun dapat hilang secara perlahan.

Apabila stres sudah melanda, Anda bisa melakukan salah satu dari aktivitas sederhana tersebut. Dengan demikian, tidak ada lagi yang namanya stres meskipun beban hidup bertambah.