Jangan Menelan Obat Dibantu Jus Buah, Ini Bahayanya

jus.jpg
(Net)

RIAUONLINE - Bagi sebagian orang mengalami kesulitan dalam menelan obat disaat sakit. Biasanya, ia akan menelan obat bersamaan dengan buah-buahan yang manis. Seperti diselipkan ke dalam pisang bahkan menggunakan jus buah.


Disebut terakhir adalah salah satu cara favorit. Menyiapkan jus kesukaan, lantas dijadikan "pendorong" obat. Konon, hal ini membantu menghilangkan rasa pahit, sekaligus menambah kesegaran tubuh.

Padahal, cara tadi tak sepenuhnya benar. Malahan bakal memberikan dampak buruk terhadap tubuh Anda.

Jurnal Consumer Reports menyebutkan, bahwa minum jus sambil mengonsumsi obat, atau minum obat dibantu jus akan mempengaruhi cara kerja pengobatan dengan cara ditelan itu.

Berdasarkan penelitian beberapa pakar, lebih dari 40 obat bisa mendatangkan efek buruk jika dikonsumsi bersamaan jus tertentu. Dalam hal ini jus anggur, apel, dan jeruk.


Pengaruh jus anggur bakal terasakan dalam hal pengobatan medis untuk darah tinggi. Sementara jus apel dan jus jeruk tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama obat. Pasalnya, kedua jus itu bakal memblokir kinerja obat dalam tubuh, bahkan mempertinggi dosis obat dengan konsekuensi over-dosis yang berbahaya terhadap kesehatan.

Dalam penelitian terbaru ini, tim peneliti mengamati peserta sehat yang mengonsumsi obat fexofenadine atau obat anti alergi dibarengi air putih, jus anggur, jus apel, dan jus jeruk.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa obat yang dikonsumsi tidak bekerja sepenuhnya. Bahkan saat diminum bersama jus anggur, obat tidak memberikan efek apa-apa terhadap tubuh peserta.

Selain obat alergi, Anda juga dilarang mengonsumsi obat menoterapi, antibiotik, atau beta-blocker bersamaan dengan jus apel, jus jeruk, dan jus anggur.

Sementara itu, jika Anda ingin meminum obat bersamaan dengan jus cranberry, efek yang ditimbulkan adalah peningkatan efek pengenceran darah yang disebut warfarin. Kondisi ini berbahaya karena bisa memicu pendarahan.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Berbahaya! Minum Obat Dibantu Jus Buah