Mengenal Chopperland Emas Buatan Anak Bangsa yang Dibeli Presiden Jokowi

Chopperland-Jokowi.jpg
(Biro Pers Istana Negara)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan sepeda motor barunya seharga Rp 140 juta. Sepeda motor Chopperland dengan warga emas (gold) ini disebutnya sebagai karya yang bagus dan rapi.

"Bagus dan rapi ini motornya," kata Jokowi dari keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang dikutip dari okezone.com, Senin 22 Januari 2018.

Motor itu pertama kali dilihat Presiden Jokowi saat mengundang sejumlah anak muda berprestasi maupun yang bergerak di bidang UMKM termaksud komunitas motor costom ke Istana Bogor guna merayakan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2017 silam.

Baca juga: Motor Baru Aja Datang, Jokowi Menghilang Dan Langsung Geber Chopper Barunya

Kala itu, orang nomor satu ‎di Indonesia ini langsung kesemsem saat menjajal motor beraliran chopper. Tak berselang lama bagi Presiden Jokowi memutuskan untuk membeli motor yang berwarna emas tersebut.

Motor ini juga menjadi spesial lantaran telah dipamerkan ke ajang motor custom yang berlangsung di Jepang pada Desember 2017 lalu.

Diketahui bahwa motor modifikasi yang dibeli Jokowi merupakan hasil karya bengkel Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Adrianka, selaku pemilik bengkel membenarkan bahwa Presiden telah membeli motor hasil modifikasi mereka.

Adrianka sendiri diundang Jokowi ke Istana Bogor pada Hari Sumpah Pemuda 22 Oktober yang lewat. Motor Chopper hasil modifikasinya ikut dipamerkan dan mengundang daya tarik Jokowi.


"Di situ Pak Jokowi sempat naikin produk kami yang sama, tapi warnanya lain, warna hitam," kata Adrianka.

Motor Chopper yan sudah dimiliki Jokowi itu adalah Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper yang merupakan hasil modifikasi Chopperland, untuk dijadikan milik pribadi.

Royal Enfield Bullet 350 cc adalah motor penuh sejarah, pasalnya Seri Bullet adalah seri pertama yang dibawa ke India agar bisa digunakan oleh para Angkatan Darat India yang bermarkas di wilayah Pegunungan Himalaya.

Kesuksesan produk tersebut dalam melewati medan yang menantang di Himalaya merupakan fondasi bagi hubungan Royal Enfield dengan para petualang yang mampu bertahan cukup lama.

"Saya telah berkendara di wilayah Himalaya selama lebih dari 20 tahun. Himalaya merupakan bentang alam yang paling indah – dengan perpaduan antara hamparan tanah tandus yang bermil-mil jauhnya, salju, barisan pegunungan yang gagah, dan beberapa lintasan yang diapit gunung-gunung. Semilir angin yang berhembus serta langit malam yang bertabur begitu banyak bintang membuat saya merasa menyatu dengan semesta," ujar CEO Royal Enfield, Siddharta Lal.

Seperti diberitakan Rushlane, Royal Enfield adalah varian Classic 350cc dengan balutan Gunmetal Grey. Motor ini ditawarkan dengan harga INR 1,59,677 atau setara dengan Rp 32 jutaan.

Selain warna baru, Royal Enfield Classic 350 terbaru ini juga mendapat ubahan pada sistem pengeremannya. Fitur pelambat laju kecepatan rodanya kini memakai sistem cakram dari sebelumnya yang tromol.

Roda belakang motor dengan model klasik khas motor 'perang' ini, sekarang disemati dengan piringan cakram berukuran 240mm.

Untuk sumber tenaga Royal Enfield Bullet 350 terbaru tidak memiliki ubahan teknis sedikit pun. Dapur pacunnya masih menggunakan mesin 346 cc satu silinder yang mampu menghasilkan tenaga sampai 19,8 HP pada putaran mesin 5.250 rpm dan torsi puncak sebesar 28Nm. Tenaga tersebut kemudian dipadu dengan lima tingkat percepatan gearbox. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id