Aktual, Independen dan Terpercaya


Doyan Durian? Ini Dia Tujuh Khasiat Makan Durian untuk Kesehatan

Durian.jpg
(Internet)
ombudsman

RIAU ONLINE - Buah durian dikenal sebagai raja buah-buahan. Buah yang bertekstur daging lembut inipun memiliki banyak manfaat untuk Anda.

Penggemar buah durian tidak hanya mendapatkan daging yang kaya rasa dan tekstur lembut, sementara pembencinya dapat mendeteksi bau tajam buah berduri ini dari jarak jauh.

Menyukainya atau membencinya, durian memiliki manfaat lebih dari yang Anda kira. Berikut, ragam manfaat makan durian seperti diungkapkan Health Promotion Board, yang dilansir dari laman SUARA, Senin 18 Desember 2017.

Membuat bahagia

Daging durian yang enak bukanlah satu-satunya alasan untuk senyum yang menyungging di wajah Anda. Buah yang satu ini juga memiliki bahan kimia yang menyenangkan untuk membuat Anda merasa nyaman.

Durian mengandung triptofan asam amino yang dikonversi menjadi serotonin, neurotransmitter yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks. Jadi mood yang Anda alami membaik setelah makan durian.

Membuat lebih mudah tidur

Buah yang satu ini bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Tryptophan (asam amino esensial) yang terkandung dalam durian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur Anda. Semakin tinggi tingkat melatonin Anda, semakin mudah tidur.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah makan durian.

Mengendalikan tekanan darah

Durian kaya potasium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.

Menurut statistik terbaru dari Kementerian Kesehatan, hampir satu dari empat warga Singapura berusia 30 sampai 69 tahun menderita hipertensi.

Sumber energi yang sangat baik

Durian sebagai makanan ringan pra-olahraga. Tingginya karbohidrat yang terkandung di dalamnya memberi pelepasan energi cepat untuk membuat Anda tetap kuat saat berolahraga.

Dua biji durian berukuran medium (54g) mengandung 89 kalori, dan memberi Anda hampir jumlah karbohidrat yang sama seperti pisang medium.

Memperbaiki kesehatan tulang

Besi dan tembaga adalah mineral yang penting untuk tulang yang kuat. Dan durian kaya akan mineral tersebut.

Sebuah studi oleh National Centre for Biotechnology Information menunjukkan, memiliki asupan zat besi yang lebih tinggi membantu meningkatkan kepadatan tulang, sedangkan asupan kalsium yang lebih tinggi memiliki efek yang tidak berarti pada tulang.

Membuat kulit Anda bagus

Dengan 11,6 mg vitamin C per porsi (dua biji medium), durian mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis. Vitamin C memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas di tubuh Anda, sehingga mengurangi munculnya pigmentasi dan keriput.

Faktor lingkungan seperti paparan asap rokok dan sinar ultraviolet akibat sinar matahari menyebabkan kerusakan radikal bebas pada kulit.

Meningkatkan gairah seks

Durian dikenal sebagai makanan yang merangsang libido di kalangan orang Asia. Sebenarnya, ada pepatah tradisional Indonesia yang terkenal: Ketika durian jatuh, sarungnya naik.

Pemerintah Malaysia ingin melakukan studi komprehensif mengenai nilai afrodisiak durian. Bahkan jika durian tidak meningkatkan libido Anda secara signifikan, ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id