Dengan Aplikasi ini, Orangtua Bisa Kontrol Akses Internet Anak

Family-Protect.jpg
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perkembangan internet semakin sulit kita bendung. Bahkan untuk anak-anak, dengan mudahnya mereka mendapatkan akses internet melalui beragam perangkat yang ada. Untuk memberikan rasa aman dan memanfaatkan internet yang positif, hadirlah aplikasi Family Protect.

Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara Family Zone dan Telkomsel. Melalui aplikasi Family Protect, sangat memungkinkan bagi orangtua untuk memonitor dan mengontrol aktivitas di perangkat seluler anak. Sehingga anak terlindungi dari dampak kurang baik penggunaan internet.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Crispin Tristram mengatakan, sebagai penyedia layanan seluler di Indonesia, pihaknya mendorong penggunaan Internet yang bermanfaat dan positif.

"Untuk meminimalisir penggunaan Internet yang memberikan dampak kurang baik pada anak, kami berusaha untuk memberikan solusi lewat layanan inovatif parental control Family Protect dengan fitur lengkap, yang dapat disesuaikan sesuai kebiasaan dan kebutuhan masing-masing keluarga," katanya melalui rilis yang dikirim kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin 16 Oktober 2017.

Menurutnya, layanan Family Protect dilengkapi bukti komitmen Telkomsel dalam kampanye cyber wellness #internetBAIK Telkomsel dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang konstruktif, yang sudah lama berjalan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara BAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) yang ditujukan bagi segmen anak-anak, serta para orang tua dan guru di sekolah.

Layanan Family Protect memiliki fitur lengkap untuk memonitor dan mengontrol aktivitas internet di perangkat seluler yang dimiliki oleh anak, yaitu Safe Content yang berfungsi untuk mengeliminasi konten negatif ataupun konten dewasa, blokir situs, dan pembatasan pencarian dari situs Google, Bing dan YouTube berdasarkan kata kunci tertentu.

Selain itu, terdapat fitur Manage Apps yang berguna untuk memblok pengunduhan dan mematikan fungsi pembelian aplikasi (apps purchase), serta Manage Screen Time untuk mengatur waktu aktivitas online anak dalam beberapa kondisi seperti waktu belajar, sekolah, dan istirahat. Sementara itu, fitur Device Feature Manager juga dapat dimanfaatkan orang tua untuk mengatur akses fitur di perangkat seluler anak, misalnya kamera, dan lain-lain.

Kolaborasi Telkomsel dan Family Zone untuk layanan ini juga memberikan pengalaman parental control yang berbeda dari layanan sejenis, seperti penggunaan aplikasi di perangkat orang tua dan anak yang terhubung melalui activation key, akses terhadap cyber expert untuk konsultasi terkait keamanan internet, peringatan atas akses situs terlarang atau pelanggaran lainnya, kontrol jarak jauh untuk mematikan layanan Internet anak, dasbor aktivitas browsing dan penggunaan aplikasi di perangkat anak, dan lain-lain.

Layanan ini memproteksi dan mengontrol akses Internet keluarga melalui aplikasi Family Protect yang terpasang di perangkat milik orang tua dan perangkat yang digunakan oleh anak. Seluruh pelanggan Telkomsel dapat menggunakan layanan parental control ini dengan mengakses *500*56# dengan pilihan tarif berlangganan sebesar Rp. 13.200 per bulan untuk dua perangkat terproteksi atau Rp. 8.800 per bulan untuk satu device terproteksi. Setelah memilih tarif berlangganan, pelanggan kemudian akan mendapatkan SMS yang berisi tautan untuk mengunduh aplikasi Family Protect di Google Playstore, beserta kode aktivasinya.

"Layanan Family Protect merupakan jawaban dari kekhawatiran para keluarga atas penggunaan Internet selama ini. Dengan meminimalisir aktivitas internet yang kurang bermanfaat, kami harap para orang tua dapat lebih tenang dan dapat memaksimalkan pemanfaatan Internet yang positif demi perkembangan anak," tutup Crispin.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id