XL Luncurkan Rumah Digital Perempuan

XL-Luncurkan-Rumah-Digital-Perempuan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berbanggalah perempuan Indonesia di era digital saat ini. Pasalnya, PT XL Axiata Tbk (XL) kini meluncurkan program Sisternet yang fokus ke perempuan dengan nama Rumah Digital. 

Dengan Program Rumah Digital ini, XL ingin mengajak perempuan Indonesia agar bisa saling memberdayakan, menginspirasi, dan meng-insklusi dalam ekonomi digital.

Sisternet ini merupakan sebuah web portal khusus perempuan Indonesia untuk bisa maju bersama. Chief Digital Services Officer, Joseph Lumban Gaol, mengenalkan format baru Sisternet tersebut di Jakarta, Minggu, 15 Januari 2017. 

Baca Juga: XL Sasar Segmentasi Digital Entrepreneur Di Riau

“Mereka juga dinilai memiliki kemampuan multi-tasking. Untuk itulah, Sisternet kami hadirkan sebagai Rumah Digital, sekaligus Asisten Pribadi bagi kaum perempuan guna mendukung kegiatan sehari-hari," ungkap Joseph. 

Ia menjelaskan, sebagai Rumah Digital, Sisternet menyediakan berbagai informasi dibutuhkan kaum perempuan. Selain itu, juga menjadi tempat bisa meng-empower agar hobi atau minat mereka atas sesuatu hal bisa menghasilkan uang melalui Digital Economy. 

Dengan konsep seperti itu, tutur Joseph kepada RIAUONLINE.CO.ID, dalam rilisnya, XL yakin Sisternet bisa menjadi sarana kaum perempuan untuk mewujudkan cita-citanya. Saat ini, Sisternet masih lebih banyak di Jakarta. Secara bertahap dikembangkan ke kota-kota di daerah lain.

"Dengan visi menggerakan ekonomi digital Indonesia, Sisternet menyasar pada kalangan perempuan muda usi 21-35 tahun, berpendidikan dan memiliki potensi ekonomi, memiliki kemampuan finansial serta sudah melek internet dan tech-savvy," tuturnya. 

Peluncuran 4G LTE XL di UIN Suska

Dari sisi kemampuan ekonomi, jelasnya, mereka termasuk dalam berbagai macam kategori, memiliki cukup waktu dan terus ingin belajar sehingga memberikan manfaat antarperempuan Indonesia.

Selanjutnya Sisternet akan diarahkan menjadi crowdsourcing dan sharing economy platform apps berbasis digital. Sebagai Rumah Digital berbasis ekonomi, Sisternet tampil dalam format digital melalui website www.sisternet.co.id.


Untuk mempermudah perempuan mengaksesnya, kata Joseph, Sisternet juga hadir dalam beberapa format media sosial, antara lain Instagram @sisternetid, FB Sisternetid, youtubeSisternetid, dan twitter @sisternetid.

Klik Juga: Wow, XL Perkenalkan Frekuensi U900 6 Kali Jangkauan Lebih Luas

Program ini menawarkan berbagai manfaat bagi para anggota, seperti workshop dan artikel harian dengan tema pemberdayaan potensi diri, forum diskusi, dan voucher belanja. "Selama 2017, Sisternet menargetkan 100 ribu anggota. Tidak ada biaya apapun untuk bisa bergabung dengan Sisternet," ujarnya. 

Sisternet Academy

Berbagai keunggulan dari program Sisternet yang diyakini bisa menarik kaum perempuan untuk bergabung antara lain adalah setiap bulan ada agenda “Sisternet Academy” berupa workshop bersama mitra brand besar untuk memberdayakan para “sister” atau anggota.

"Workshop yang sudah disiapkan meliputi fotografi, memasak, kecantikan, serta pengembangan diri. Para pembicara dan mentor workshop adalah sejumlah nama besar di bidangnya," ungkapnya. 

Konsep baru Sisternet kali ini telah mendapat respon positif dari beberapa brand besar yang siap mendukung perempuan Indonesia, di antaranya Nikon bersama Riomotret, Sony Mobile (XPERIA), Wardah, British Council, dan PT. Nusa Pangan Sukses Makmur, sedangkan di bidang pendidikan Sisternet di support oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Podomoro. Selain itu, juga ada program SisterTrip, SisterMenulis, dan Forum untuk berdiskusi dan berinteraksi dengan sesama anggota maupun dengan para praktisi.

Sisternet juga telah bekerjasama dengan sejumlah partner seperti Wardah, Nikon dan Riomotret untuk mendukung penyelenggaraan program-programnya. Wardah, produsen produk kecantikan asli Indonesia, memberikan dukungan dalam program Sisternet Beauty Academy merupakan bagian dari Sisternet Academy.

Digital Entrepreneur XL di UIN Suska

Melalui partisipasi ini, Wardah turut mendukung perempuan Indonesia untuk selalu mengembangkan diri. Selain itu, XL bersama Wardah juga meluncurkan kartu SIM edisi khusus.

Lihat Juga: Begini Cara Tingkatkan Kartu XL Lama Anda Jadi 4G

"Wardah-Sisternet untuk Pendidikan Indonesia". Sesuai dengan tema tersebut, kartu SIM yang dilengkapi dengan kuota data ini, dipersembahkan untuk perempuan yang berperan aktif dalam pendidikan. Hal ini sejalan dengan program sisternet sebagai Rumah Digital bagi perempuan Indonesia.

XL juga bekerjasama dengan Nikon Indonesia, produsen perangkat fotografi dari Jepang. Pada kerjasama ini, Nikon akan memberikan 3 (tiga) unit kamera professional bagi para member yang dikompetisikan dan juga sebagai bentuk dukungan pada event Sisternet Photo Academy dengan menghadirkan Nikon Official Photographer sebagai mentor dalam event fotograf itersebut.

"Program ini bertujuan agar para anggota Sisternet yang memiliki hobi fotografi dapat memanfaatkan dan memaksimalkan hobinya sehingga dapat meningkatkan pendapatan pribadinya dan mendukung aktivitas lainnya," pungkasnya. 

Selanjutnya, XL juga bekerjasama dengan Riomotret, seorang praktisi fotografi. Kerjasama ini meliputi dukungan pada desain landing page www.sisternet.co.id/riomotret yang berisikan hasil foto.

Fotografer berpengalaman ini juga akan menjadi mentor pada event Sisternet Photo Academy dengan membagi keahlian teknik fotografi, pengalaman, serta pengetahuan mengenai hobi forografi yang mampu menghasilkan pendapatan. Anggota pelatihan ini juga akan mendapatkan harga khusus paket foto Riomotret.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline