Apa Yang Terjadi dengan Tubuh Anda Lima Tahun Mendatang?

Ilustrasi-Kulit-Sehat.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam lima tahun, Anda dapat melihat perubahan-perubahan dalam penampilan saat sedang bercermin.

 

Tetapi, apa terjadi dalam tubuh Anda dalam lima tahun mendatang? Berikut kami sajikan apa yang terjadi pada tubuh Anda: 



Tulang

Orang dewasa umumnya memiliki 206 tulang termasuk 12 pasang tulang iga. Sepuluh persen tulang orang dewasa digantikan oleh tulang-tulang baru setiap 12 bulan. Jadi, dalam 5 tahun, tubuh kita telah meregenerasikan separuh jumlah tulang. Kecuali setelah usia 30, ketika lebih banyak tulang yang hilang dibanding yang tergantikan.


Otak

Otak kehilangan 7 ribu sel per hari, berarti sekitar 12,5 juta sel dalam 5 tahun! Otak hanya memiliki sekitar 100 juta sel dan sel-sel ini tak bisa diganti. Jadi, tetaplah aktif dan latih otak Anda dengan teratur.

Baca Juga: Lakukan 6 Langkah Ini, Berat Badan Anda Turun 10 Kilogram

 

Mata

Mata menghasilkan 5 mililiter airmata per hari atau 9 liter dalam 5 tahun. Anda juga mungkin akan berkedip sekitar 12 kali per menit untuk menjaga mata tetap terlubrikasi, yang berarti 10.080 kali kedipan selama 5 tahun.

Rambut

Rata-rata rambut tumbuh sepanjang 12 cm setahun, yang artinya rambut telah tumbuh sepanjang 60 cm dalam 5 tahun. Setiap helai rambut tumbuh selama dua atau tiga tahun sebelum rontok, dan Anda kehilangan sekitar 150-200 helai rambut setiap hari atau 360 ribu helai dalam 5 tahun.

 

Jantung

Jantung berdetak sekitar 50 juta kali setahun atau 250 juta kali dalam 5 tahun, bahkan lebih bila Anda teratur berolahraga. Pada saat yang sama, jantung juga memompa lebih dari 2,5 juta darah ke seluruh tubuh.

 

Ginjal

Ginjal menghasilkan sekitar 3500 liter air seni dalam 5 tahun dan menyaring sekitar 1000 liter cairan.

 

Hati

Dalam 5 tahun hati telah mengeluarkan 1825 liter bile, suatu senyawa yang bertugas mengurai lemak.

 

Paru-paru

Anda telah bernapas lebih dari 10 juta liter udara dan kehilangan sekitar 900 liter cairan (setengah liter per hari) untuk bernapas. Untuk menyuplai tubuh dengan oksigen yang dibutuhkan, tubuh menghasilkan 2 juta sel darah merah atau 3, 65 juta dalam 5 tahun.

 

Klik Juga: Ibu Hamil, Kurangilah Minum Kopi Jika Tidak Ingin Seperti Ini

 

Mulut

Jika Anda mengonsumsi 2000 kalori per hari, dalam 5 tahun Anda telah kemasukan 3,65 juta kalori. Tubuh memproduksi lebih dari 300 liter saliva (air liur) per hari atau 1500 liter selama 5 tahun untuk membantu pencernaan dan menjaga mulut tetap lembap. Gangguan mulut kering (xerostomia) terjadi bila saliva berkurang atau mengental. Produksi saliva menurun di malam hari sehingga bakteri dan plak gampang berkembang biak. Oleh karena itu, gosoklah gigi setiap pagi dan malam hari.

 

Kuku

Kuku tumbuh sepanjang 72 milimeter per tahun atau 360 milimeter selama 5 tahun.

 

Lambung

Lambung menghasilkan 2 liter cairan lambung per hari atau 3650 liter dalam 5 tahun.

 

Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terbesar dan setiap menit 30 ribu-40 ribu sel kulit mati luruh. Tepat satu bulan, tubuh akan memiliki seluruh lapisan kulit baru. Berarti, tubuh telah melepaskan 92 milyar sel kulit selama 5 tahun. Secara keseluruhan, tubuh kita akan kehilangan sekitar 18 kilogram kulit sepanjang hidup. (Elizabeth Swanti)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline