Usai Diakuisisi Facebook, Pengguna WhatsApp Tembus 1 Miliar

pendiri-whatsapp.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Dalam waktu singkat, seperti dilaporkan Facebook, media sosial berbagi pesan, WhatsApp, telah digunakan sebanyak 1 miliar pengguna di seluruh dunia saban bulan. 

 

Jumlah pengguna aplikasi dimiliki Facebook ini bahkan telah melampaui jumlah pengguna Messenger, layanan berbagi pesan lewat Facebook, digunakan 800 juta orang setiap bulan. 

 

(Baca Juga: Apple Umumkan Penjualan iPhone Tahun Ini Bakal Terjun Bebas

 

WhatsApp mengungkapkan, setiap hari terdapat 42 miliar pesan dan 250 juta video dikirim lewat layanan tersebut. Namun, seorang analis mengklaim, WhatsApp masih kalah saing jika disandingkan dengan sejumlah produk di berbagai 'pasar lokal'

 

“Masih banyak pasar besar yang belum dikuasai WhatsApp,” kata Jack Kent, analis telepon selular dari lembaga IHS.


 

“Di China, WeChat memiliki 500 juta pengguna, sementara Line populer di Jepang dan Kakao Talk di Korea Selatan. Meskipun begitu, secara internasional, WhatsApp memang yang paling sukses," kata Kent.

 

“Alasan suksesnya karena WhatsApp fokus pada komunikasi dan biayanya juga sangat murah. Aplikasi-aplikasi lain fokus ke games, stiker dan berbagai pernak-perniknya. Tetapi menjadi daya tarik WhatsApp, aplikasi ini minim sekali hal-hal itu," ujar vKent.

 

(Klik Juga: Google Harus Bayar Tunggakan Pajak Rp 26 T ke Pemerintah Inggris

 

Facebook membeli WhatsApp pada 2014 senilai 19 miliar Dolar atau Rp 258 triliun. Data pengguna yang diberikan WhatsApp kepada Facebook membantu perusahaan milik Mark Zuckerberg itu untuk lebih fokus menargetkan iklan-iklannya.

 

“Ketika membeli WhatsApp, Facebook sebenarnya sedang gencar-gencarnya membuat orang bergabung dengan Messenger. Namun, ada risiko upaya tersebut gagal jika Facebook punya saingan kuat, Whatsapp.” ungkap Kent.

 

Meski demikian, imbuhnya, WhatsApp tetap saja harus berjibaku melawan pemain domestik yang mampu mengomersialkan produknya dengan sangat baik.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline