Ingin Liburan Murah? Ini Caranya

liburan-travel.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Travelling sendirian tidaklah selalu mahal. Justru dengan beberapa cara bisa menghemat liburan sendirian.

 

Berikut lima cara yang akan membantu liburan sendiri menjadi lebih murah, seperti dilansir Huffingtonpost.

 

1. Gunakan Beberapa Moda Transportasi

Jika tidak berburu-buru, Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi untuk menyiasati anggaran perjalanan supaya lebih hemat. Anda bisa terbang ke kota-kota kecil atau bandara yang lebih kecil, lalu melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir Anda dengan menggunakan bus. Harga tiket pesawat ke kota kecil terkadang lebih murah. Bahkan, ada kemungkinan total biaya perjalanan Anda menggunakan pesawat dan bus akan lebih murah dibandingkan dengan satu tiket penerbangan ke kota tujuan, terlebih jika tujuan Anda adalah kota yang populer.

 

2. Jangan Gunakan Tur Berbayar


Beberapa orang tergoda untuk mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh penyedia jasa tur. Namun jika ingin menghemat anggaran, Anda bisa nekat mengeksplor suatu tempat sendirian. Anda bisa memanfaatkan gadget untuk membantu perjalanan. Tapi jika ingin lebih menikmati liburan yang sesungguhnya, Anda bisa bertanya langsung kepada penduduk setempat. Tanyakan kepada mereka apa yang menarik dari kota itu dan beberapa tempat favorit lainnya. Mereka akan menjawab dan membantu dengan senang hati. (BACA JUGA: Anda Ingin Nikmati Libur Panjang? Ini Pesan Plt Gubernur Riau)

 

3. Coba Couchsurfing

Couchsurfing adalah jejaring sosial yang menawarkan jaringan silaturahmi antara wisatawan dan tuan rumah. Wisatawan dapat menginap di kediaman tuan rumah, sementara si wisatawan tersebut juga akan berperan menjadi tuan rumah ketika ada wisatawan lain yang berlibur ke kotanya. Anda dapat berbagi makanan, cerita, bahkan hal-hal menarik lainnya dengan si tuan rumah dengan gratis.

 

4. Hindari Restoran di Tempat Wisata

Umumnya, restoran-restoran yang berada di tempat wisata memberikan harga yang mahal untuk menunya. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makan di restoran yang ada di tempat wisata atau tempat-tempat populer lainnya. Anda bisa mencari tempat makan yang lebih murah dengan berjalan kaki sedikit lebih jauh dari tempat wisata.

 

5. Hindari Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan waktu yang digunakan banyak orang untuk berlibur. Ini akan membuat tempat wisata lebih padat dari hari biasa. Jika memungkinkan, Anda bisa pergi pada Selasa atau Rabu, di mana harga transportasi biasanya menjadi lebih murah hingga 30 persen dibanding akhir pekan. Selain bisa mendapatkan harga murah, Anda juga akan terhindar dari kepadatan wisatawan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline