Ini Kehebatan Pesawat Water Bombing Milik Malaysia

pesawat-bombing-malaysia.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PALEMBANG - Bantuan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Indonesia datang dari negara tetangga, salah satunya negeri Jiran Malaysia. Pemerintahan Malaysia mengirim pesawat udara milik Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Bombardir CL 415 untuk membantu memadamkan kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

 

Pesawat jenis Bombardier 415 tersebut adalah pesawat amfibi sayap tinggi (hig wing) buatan Kanada sebagai bomber air yang dirancang khusus untuk membantu pemadaman kebakaran (water bomber aircraf). (BACA JUGA: Helikopter Kamov Digeser Ke Palembang)

 

Pesawat itu memiliki kapasitas tangki air yang lebih banyak sehingga dapat dengan mudah menciduk air dari sungai lumpur pada hari keempat Operasi Ops-Jerebu dalam misi bantuan memadamkan kebakaran di Sumatera Selatan.


 

Dengan cara membenamkan sedikit bagian bawah dari pesawat tersebut dalam waktu singkat, pesawat yang memiliki kecepatan hingga 360 kilometer per jam ini mampu menampung 6.137 liter air dalam setiap sekali cidukan. (LIHAT: Tak Ditemukan Kebakaran pada Hotspot Pantauan BMKG)

 

Pesawat yang dihadirkan Malaysia untuk membantu memadamkan kebaran di Sumatera Selatan ini dapat menyiduk air sambil meluncur dengan kecepatan tinggi dipermukaan sungai.

 

Setelah berhasil menyiduk air sebanyak 6.137 liter air, pesawat langsung menyemburkan air dilokasi hutan dan lahan yang terbakar. Dengan demikian, diharapkan adanya bantuan pesawat Bombardir CL 415 ini dapat membantu memadamkan kebakaran hutan di wilayah Sumatera Selatan lebih cepat.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Fan Page Radio24