Bunga-bunga Ini Bisa Dikonsumsi

pecal-kembang-turi.jpg
(INTERNET)

 


RIAU ONLINE - BUNGA dalam suatu hidangan tidak hanya sebagai pemanis tampilan. Beberapa bunga ada yang bisa dikonsumsi, apakah itu makanan atau minuman.

 

Bunga seperti ini biasanya disebut dengan edible flower. Mau tahu bunga apa saja yang familiar dan bisa dimakan? Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dikatakan Risky, Top Seven MasterChef Indonesia (MCI) Season 4:

 

1. Mawar

Bunga mawar tak hanya sekadar jadi lambang cinta. Bunga ini kerap digunakan sebagai penambah aroma pada makanan atau minuman. Umumnya, air bunga mawar atau (rose water) sering diaplikasikan pada beragam makanan khas Timur Tengah.

 


2. Melati

Di Indonesia, melati sering ditambahkan ke dalam minuman teh. Meski saat dicampurkan tidak dalam keadaan segar, bunga melati dapat memberi tambahan aroma harum melati dan membuat minuman teh jadi lebih nikmat. Minuman teh melati, jika dikonsumsi juga punya efek relaksasi.

 

3. Kembang Turi

Tanaman ini sering dijadikan hiasan di pekarangan rumah. Di daerah Kediri, Jawa Timur, kembang turi kerap dicampurkan sebagai lalapan pada sajian pecel. Biasanya kembang turi yang digunakan adalah kembang yang masih hijau dan direbus bersama sayuran pelengkap pecel lainnya.

 

 


4. Kecombrang (Kincung)

Kecombrang umum digunakan sebagai tambahan makanan. Terlebih pada bagian bunga kecombrang, aromanya sangat khas dan kerap ditambahkan ke dalam aneka masakan Sunda.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline