Ini Efek Samping Menangis Saat Menonton Film

nonton.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Bagi sebagian orang, menangis saat menonton film merupakan hal konyol. Namun, dalam sebuah penelitian menemukan, bahwa menangis saat menonton film benar-benar bisa membuat Anda merasa lebih bahagia.

 

Para peneliti di Belanda mengamati 60 relawan saat mereka menyaksikan dua film yang sangat emosional, yaitu film dengan judul La Vita e Bella dan Hachi: A Dog’s Tale. Setiap relawan itu ditanya tentang bagaimana perasaan mereka pada awal dan akhir di kedua film itu.

 

Hasilnya, sekitar 60 persen relawan menangis saat menonton film Hachi, sebuah film yang menceritakan kisah nyata anjing yang tetap setia kepada tuannya, meskipun tuan nya telah lama meninggal dunia. (BACA JUGA: Sering Merasa Sibuk dan Susah Menikmati Hidup? Lakukan Strategi Ini)

 


Sementara, saat menonton film La Vita e Bella atau Life is Beautiful, relawan yang menangis terdapat 45 persen dari jumlah pemirsa, dan perempuan lebih banyak yang menangis dari pada relawan pria.

 

Namun hasil yang paling menarik dari studi ini adalah bagaimana perasaan setiap relawan setelah menangis. Mereka yang meneteskan air mata mengalami peningkatan perasaan bahagia pada 90 menit setelah film tersebut berakhir.

 

Peneliti dari University of Tilburg Dr Asmir Gracanin mengatakan, bahwa menangis dapat memicu oksitosin di otak yang melepaskan perasaan bahagia. (KLIK: Bergelimang Harta, Pria Ini Justru Tak Bahagia)

 

"Setelah awal penurunan suasana hati yang menangis, ambillah waktu agar suasana hati tidak hanya normal lagi, tapi juga meningkat setelah emosional," katanya seperti dilansir Independent, Senin (28/9).

 

Neuroscientist dan peneliti air mata, dr William H. Frey II mengatakan, perbedaan kimia penting antara air mata emosional dan yang disebabkan oleh iritasi, seperti asap atau pada saat memotong bawang, yang dapat mengatasi stres.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline