Aktual, Independen dan Terpercaya


Hindari Main HP Sambil Tidur, Ini Alasannya

main-HP.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Seiring dengan bertambahnya usia, maka akan semakin menurun kinerja indera penglihatan kita. Mungkin sekarang Anda dapat melihat dekat dan kejauhan dengan jelas tanpa alat bantu. Namun ketika sudah menginjak usia 40 tahun, Anda akan memerlukan kacamata untuk melihat dekat.

 

Meskipun kacamata bisa membantu, ada lagi masalah yang mengintai ketika Anda berusia 50 tahun ke atas, yaitu penyakit mata. Banyak penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan mata kering akan muncul di usia 40 hingga 50 tahun.

 

Penyebabnya banyak, berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang tidak Anda sadari dapat merusak mata:

 

1. Membaca sambil tiduran
Ketika Anda membaca sambil tiduran, jarak baca ideal buku atau handphone ke mata sulit untuk diatur. Akibatnya mata jadi lelah dan pegal. Jika hal ini sering dilakukan, maka dapat berujung pada kerusakan mata.

 

2. Membaca dengan penerangan minim
Hal ini dapat memaksa kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis dan pupil dipaksa berdilatasi membuat mata cepat lelah. Jika terus dilakukan, menimbulkan kerusakan pada mata. Begitu pun sebaliknya, membaca dalam keadaan sangat terang tidak baik untuk mata karena dapat menyilaukan mata.

 

3. Perawatan lensa kontak yang kurang bersih
Sebagian orang lebih menyukai menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Tapi jika Anda tidak merawatnya dengan benar, bisa menyebabkan iritasi pada mata. Cucilah dan keringkan tangan Anda sebelum menggunakan atau merawat lensa kontak. Selain itu lepaslah lensa kontak Anda sebelum tidur karena dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata.

 

4. Mengucek mata
Ini sering dilakukan di saat mata gatal. Mengucek mata dapat merusak lapisan kornea dan menyebabkan peredaran pembuluh darah di mata terganggu. Selain itu kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan timbulnya kerutan halus di sekitar mata. Gunakan obat tetes mata bila mata gatal untuk membilas kotoran yang menempel.

 

5. Melihat layar komputer terlalu lama
Radiasi yang dipancarkan layar komputer amat berbahaya bagi mata. Hal ini membuat mata kelelahan dan menyebabkan gangguan atau penyakit mata lainnya. Melihat monitor terlalu lama dapat mengurangi frekuensi berkedip yang dapat menyebabkan mata kering.

 

6. Merokok
Kita tahu merokok merusak tubuh. Tapi banyak yang tidak sadar, merokok berdampak buruk untuk mata. Risiko katarak dan penyakit retina meningkat karena kebiasaan merokok. Merokok dapat membuat peredaran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi jadi terganggu.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

sumber: Klikdokter.com