Awas, Alat Ini Bisa Melihat Anda Dari Balik Dinding

Radar-pasif-University-College-London.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, LONDON - Ketika orang jahat dikepung polisi, hanya bisa menembak keluar dengan bantuan lampu dan bersembunyi di kegelapan. Seolah-olah itu tidak cukup membuat penjahat terpojok. penjahat juga perlu mempertimbangkan kacamata night vision. Kedepan, para penjahat harus lebih mewaspadai menara telepon seluler dan wireless router.

 

Para peneliti di University College London (UCL) telah menyusun sistem untuk mendeteksi pergeseran Doppler dari Wi-Fi dan sinyal telepon seluler untuk "melihat" orang yang bergerak, bahkan di belakang dinding bata tebal 25 cm.

 

Metode yang dapat berguna dalam situasi dari penyanderaan, untuk kontrol lalu lintas, memenangkan penghargaan Engineering Impact dalam kategori RF and Communications di acara National Instrument's NI Week 2015 yang diselenggarakan di Austin, Texas pada tanggal 3-9 Agustus lalu.


 

Seperti dilansir pada IEEE Spectrum, alat ini hanya menggunakan radiasi pasif dari Wi-Fi (menggunakan emisi di salah satu IEEE 802.11 b, g, n, ac), ambient GSM dan sinyal ponsel LTE.

 

Sistem menghitung posisi target tersembunyi dengan membandingkan dua sinyal: saluran referensi, menerima sinyal awal dari titik akses Wi-Fi atau sumber RF lainnya , dan saluran pengawasan, yang mengambil gelombang Doppler-bergeser mencerminkan dari subjek yang bergerak .

 

Sistem ini membandingkan sinyal referensi dan pengawasan, menafsirkan pergeseran frekuensi sangat kecil, dan mengungkapkan lokasi subjek tersembunyi dan gerakan yang cukup halus, bahkan gerakan tangan.

 

Pada tahap ini, perangkat tidak menghasilkan apa pun yang menyerupai sebuah foto dari subjek. Radar hanya menunjukan suar warna yang mengatakan, "Ini dia!" dan berbagai sinyal data.