Veloz Community Gelar Kampanye Safety Driving

Veloz-Community.jpg
(Febri Ardani)

RIAUONLINE, Jakarta – Kampanye safety driving yang digelar Veloz Community (Veloz) di empat kota besar telah sampai di perhentian terakhir, Jakarta, Minggu (31/5/2015). Mengambil tempat di gedung TMC Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Velozity melakukan pendekatan ringan dan manusiawi untuk mengingatkan komunitas pecinta otomotif pentingnya keselamatan berkendara.


Acara ini diikuti oleh berbagai komunitas seperti, Ertiga Club Indonesia, Ertiga Mania, Toyota Etios Valco Club Indonesia, Datsun GO+ Community Indonesia, Avanza Xenia Club Indonesia, Toyota Agya Club, Sirion Indonesia Club, dan Chevy Spin Indonesia.


Edi Wilopo, ketua pelaksana kegiatan di empat kota mengatakan kesimpulannya, dikatakan respon terhadap tema “Think Before You Drive” yang dibawa Velozity berujung positif. “Kami kan mengingatkan prilaku pengemudi bukan bahas kendaraannya, kami sampaikan secara sederhana karena memang dari penuturan komunitas di daerah banyak yang tidak melakukan hal simple sebelum mengemudi padahal sebenarnya penting,” kata Edi.



Seharusnya, lanjut Edi, sebelum kunci kontak menyalakan mesin, pengemudi mengecek dulu kondisi spion, seting jok dan kemudi, serta memperhatikan indikator di instrument cluster. “Misalnya lagi, cek tekanan ban atau menyiapkan uang receh. Ini kecil jadi sering lupa. Ini ‘PR’ buat kita semua komunitas,” papar Edi.


Hal yang kerap dianggap sepele seperti ini hingga materi berbobot seperti pelatihan mengemudi dalam rintangan adalah yang dibahas dalam pelatihan. Sama seperti di Bandung, Semarang, dan Surabaya, coaching clinic di Jakarta juga terbagi menjadi dua bagian, teori dan praktek. Materi teori diberikan dari narasumber kepolisian sedangkan praktek digarap The Real Driving Center (RDC) di pelataran parkir.


Menyebarkan “virus” safety driving seperti ini bukan yang terakhir dilakukan Velozity, akan ada lebih banyak lagi kampanye aman berkendara di tahun ini dan tahun setelahnya. “Melalui semua rangkaian kampanye ini diharapkan setiap orang peduli dan memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitarnya tentang keselamatan berkendara di jalan raya,” kata Didy Soe Ketua Umum Velozity.