3 Cara Membasmi Jerawat Batu Pada Wajah

Jerawat-dan-Komedo.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Setiap orang tentunya merasa risih dengan keberadaan jerawat di wajah. Entah itu jerawat batu, bernanah, hingga beruntusan. Apa pun jenis jerawatnya, pasti bikin kamu jadi tak percaya diri. Berbagai upaya terus dilakukan untuk membasmi jerawat di wajah.

Dokter dr. Jolinda Johary yang merupakan konsultan dokter di Go Dok, telah membagikan tiga cara mudah untuk membasmi jerawat di wajah melalui channel Youtube. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya, semua jenis jerawat itu sama, jadi kurang lebih cara mengatasinya pun serupa. Berikut 3 cara menghilangkan jerawat batu, bernanah, dan beruntusan

Cuci muka

Cuci muka dua kali sehari menggunakan sabun pencuci wajah dan jangan terlalu sering. Saat mencuci muka, jangan menggosok terlalu kencang dan jangan pakai bahan yang kasar, seperti scrub dan handuk kasar. Sebab efeknya bisa memicu iritasi dan memperparah kondisi jerawat.


Pilih kosmetik yang tepat

Jangan gunakan kosmetik yang mengandung minyak atau alkohol. Di samping itu, apabila kulit wajah sedang berjerawat, memencet atau memegangnya akan mengakibatkan infeksi. Perhatikan juga kebersihan rambut dengan cara rutin mencuci rambut yang kotor agar tidak kena kulit wajah.

Perhatikan makanan

Konsumsi makanan sehat, tidur, dan olahraga. Bagi Anda yang memiliki jerawat membandel, disarankan ke dokter, untuk dilakukan pmeriksaan yang lebih detil agar mendapat penanganan tepat dan cepat. Nantinya dokter akan menganalisis untuk memberi solusi yang sesuai dengan jenis kulit dan merekomendasikan terapi medis yang sesuai. Misalnya peeling, chemical peeling, pengelupasan retinoic acid, dan micro dermabration atau laser, dan sebagainya.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: 3 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Bernanah, dan Beruntusan