Ini 5 Tips Untuk Mencegah Kolesterol Naik

makanan-cepat-saji.jpg
(net)

RIAUONLINE - Begitu banyak hidangan yang kita santap saat momen lebaran, namun kita juga harus paham dan menjaga tubuh dari kadar lemak dan koleterol dalam makanan yang kita makan.


Ada dua tipe kolesterol yakni lipoprotein densitas rendah (LDC) dan lipoprotein densitas tinggi (HDC). Biasanya dikenal dengan kolestrol baik dan buruk.

Sama seperti kandungan lainnya, terlalu banyak kolesterol dalam darah justru akan memberikan dampak buruk. Jumlah kolesterol tinggi akan menyumbat arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung serta penyakit jantung lainnya.

Maka, penting sekali untuk menjaga tingkat kolesterol tubuh terutama saat Lebaran seperti kali ini. Seperti melansir dari Boldsky, berikut lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kolesterol naik.

1. Perbanyak sayur dan buah

Perhatikanlah nutrisi makanan yang Anda konsumsi. Untuk menjaga tingkat kolesterol tubuh, masukkanlah buah-buahan dan sayuran segar ke dalam konsumsi Anda. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan.

Makanan tersebut memiliki kandungan serat pangan yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menghilangkan kolestrol buruk dari tubuh. Tomat juga mengandung likopen yang membantu untuk menghancurkan kolesterol.

2. Hindari lemak trans

Biasanya lemak trans ada di dalam makanan yang digoreng dan makanan olahan seperti biskuit, kue, daging, keripik dan produk lainnya.


3. Pilih lemak tak jenuh

Saat mencegah kolesterol naik, Anda tidak harus menghilangkan konsumsi lemak. Anda dapat berganti untuk mengonsumsi lemak tak jenuh dan membatasi konsumsi lemak jenuh.

4. Konsumsi serat dan asam lemak omega 3

Serat dibutuhkan bakteri baik dalam tubuh untuk menghilangkan kolesterol buruk. Serupa, asam lemak omega tiga tidak dapat menghilangkan LDC tetapi dapat meningkatkan HDC dalam darah.

5. Olahraga

Olahraga selama beberapa menit setiap hari dapat memiliki dampak yang baik saat Anda memiliki kolestrol tinggi. Olahraga ringan seperti berjalan, berenang dan bersepeda dapat meningkatkan HDC dalam darah. Studi pun juga membuktikan bahwa orang yang berolahraga selama 30 menit paling tidak lima hari seminggu dapat menurunkan kolesterol hanya dalam beberapa bulan.

Artikel ini lebih dulu tayang di liputan6.com dengan judul: Intip, 5 Cara Cegah Kolesterol Naik