5 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

jantung-pisang.jpg
(brilio)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebagian masyarakat mungkin sudah pernah atau sering mengolah jantung pisang sebagai menu masakan rumahan. Namun, barangkali masih sedikit yang mengetahui manfaat jantung pisang yang luar biasa.

Melansir dari India Times, jantung pisang ini kaya serat, protein, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, besi, magnesium, dan vitamin E.


Kita bisa mengonsumsi jantung pisang dengan berbagai cara pengolahan, misalnya dibikin sup, tumis, atau jadi teh herbal.

Semua cara pengolahan jantung pisang itu tidak akan mengurangi atau menghilangkan nilai manfaat kesehatan bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat ajaib jantung pisang seperti yang dilansir dari lifehacks.org adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan maupun meminimalisir risiko terkena penyakit jantung dengan menjaga gaya hidup dan pola makan. Hal itu termasuk mengonsumsi banyak kalium untuk melindungi jantung.

Jantung pisang yang kaya kandungan kalium menjadi menu makanan yang sangat baik untuk penderita jantung maupun orang yang berisiko sakit jantung.

Sebab, kandungan kalium pada jantung pisang akan bekerja sebagai penawar natrium virtual yang merupakan cara alami untuk mengurangi tekanan darah dan faktor risiko utama sakit jantung.


2. Mengatur gula darah

Bagi penderita diabetes yang harus mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sangat disarankan untuk mengonsumsi jantung pisang yang kaya serat.

Jantung pisang dapat membantu tubuh mereka memecah makanan lebih lambat dan mencegah lonjakan gula darah yang bisa menyebabkan komplikasi diabetes jangka panjang, seperti penyakit ginjal hingga kerusakan saraf.

3. Mengatasi masalah menstruasi dan PCOS

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa saja menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang. Kondisi ini biasanya disebabkan kadar progesteron yang rendah.

Dalam hal ini, jantung pisang juga dipercaya mampu meningkatkan kadar progesteron dan mengatur hormon wanita agar siklus menstruasi teratur. Selain itu, wanita penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga dianjurkan lebih banyak mengonsumsi jantung pisang.

4. Mengobati infeksi

Jantung pisang mengandung senyawa etanol yang memiliki sifat anti-mikroba dan banyak digunakan untuk mengobati luka atau infeksi kulit.

Kandungan etanol dalam jantung pisang dapat membantu membunuh bakteri sekaligus mengurangi risiko tertular penyakit yang berasal dari parasit, seperti malaria.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Jantung pisang juga membantu orang dengan keluhan masalah pencernaan, seperti mulas, sakit perut atau sembelit. Sebab, jantung pisang memiliki serat larut dan tidak larut.

Serat larut dari jantung pisang untuk mempercepat pencernaan dan membuat proses lebih efisien, sedangkan serat tidak larut akan mengurangi risiko sembelit.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Bantu Kontrol Gula Darah, Ini 5 Manfaat Makan Jantung Pisang