5 Manfaat Jus Mangga, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Mencegah Kanker

jus-mangga.jpg
(resephariini.com)

RIAUONLINE - Jus mangga bisa menjadi pilihan sebagai minuman menyegarkan saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, buah yang satu ini kaya vitamin C, vitamin A, kalium, serta zat besi.

Seperti dikutip dari Organic Facts, berikut sederet manfaat jus mangga.

1. Mencegah kanker

Satu penelitian dari Nutrients pada 2017 jus mangga mengandung senyawa fenolik yang membantu menurunkan risiko terkena kanker.

2. Menstabilkan tekanan darah

Penelitian berjudul 'Vascular effects of the Mangifera indica L. extract (Vimang)' menunjukkan bahwa kandungan potasium pada jus mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mempertajam penglihatan

Sebuah penelitian dari Plant Foods for Human Nutrition pada tahun 2007, menjelaskan tentang vitamin A pada jus mangga mampu mempertajam penglihatan. Selain itu, antioksidan pada jus ini juga membantu menghilangkan stres oksidatif di retina. Risiko terkena penyakit katarak pun berkurang.

4. Memperlancar pencernaan

Jus mangga berguna untuk menghilangkan gejala sembelit. Jus ini juga berfungsi sebagai pencahar, membantu meredakan kembung dan sakit perut. Hal ini sudah diuji dari satu penelitian dari Journal of Food Science tahun 2012.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu gelas jus mangga mengandung banyak vitamin C. Kandungan ini memberikan sistem kekebalan tubuh, karena merangsang produksi sel darah putih dan antioksidan lain untuk mencegah tubuh terkena penyakit kronis, berdasarkan penelitian dari Indian Journal of Experimental Biology (IJEB) pada 2002.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Manfaat Jus Mangga, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker