Catat, Ini Makanan Yang Tidak Boleh Berada Dalam Freezer

Makanan-dalam-kulkas.jpg
(Istimewa/ republika.co.id)

 

RIAU ONLINE - Berkat bantuan freezer makanan dan minuman jadi lebih awet saat disimpan lama dalam lemari es.

Namun, ternyata tidak semua makanan boleh berada dalam freezer. Dikutip dari liputan6.com, Rabu, 24 April 2019, telur, rempah-rempah, makanan kaleng dan daging matang sebaiknya jangan dibekukan.

Penjelasan telur tidak boleh berada dalam frezeer karena tempat yang satu ini bukan lokasi yang baik untuk menyimpan protein baik ini.

Pasalnya, isi dalam cangkang akan mengembang saat membeku, sehingga cangkangnya akan retak dan isinya dapat saja keluar dan berserakan.

Untuk rempah-rempah, masa kadaluarsa bumbu dapur ini memang cukup lama. Tapi freezer bukan tempat yang tepat untuk membuatnya menjadi lebih awet lagi.

Sebaiknya simpan bumbu-bumbu di tempat kering agar tidak menggumpal. Membekukan bumbu bisa mengubah tekstur dan rasa rempah menjadi tidak baik.

Alasan daging kaleng tidak boleh berada di freezer karena didalamnya mengandung air. Air akan mengembang saat membeku. Bisa saja kalengnya jadi bocor dan membuat freezer kotor.

Sedangkan alasan kenapa daging matang tidak boleh karena freezer dapat menyebabkan bahan makanan lain yang berada di dalamnya juga akan rusak.

Hal ini disebabkan daging matang sudah melalui proses pengolahan dengan berbagai bumbu masak, sehingga rentan terkontaminasi bakteri.

Tulisan ini pertama tayang di liputan6.com dengan judul 6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dibekukan