14 Bahan Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Sakit Gigi

Lemon.jpg
(Net)

RIAUONLINE - Sakit gigi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Tidak hanya nyeri, dampaknya bisa pula sampai cenat cenut ke kepala bahkan bisa menyebabkan demam. Sakit gigi kebanyakan disebabkan oleh gigi berlobang, gigi tumbuh ataupun gigi hendak tanggal. Tapi apapun itu, tentunya sangat menyiksa bahkan menghilangkan semangat anda untuk beraktivitas, namun sebenarnya banyak hal sederhana menghilangkan sakit gigi, cukup dengan 14 bahan sederhana ini, sebagaimana dilansir dari Liputan6.com:


1. Garam

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan menggunakan garam. Sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali kamu selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang selanjurnya adalah dengan buah lemon. Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Jeruk nipis

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan jeruk nipis sama halnya dengan lemon. Jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

4. Belimbing wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulutmu. Cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan belimbing wuluh adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

5. Daun Jambu biji

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang lainnya adalah dengan daun jambu biji. Daun jambu biji sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif sebagai cara menghilangkan sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Yang perlu kamu lakukan hanya mengunyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.


6. Daun sirih

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang selanjutnya dengan daun sirih. Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Apakah kamu pernah melihat nenek atau kakek Anda menguyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

7. Bawang merah

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang juga bisa dengan bawang merah yang mudah ditemukan di dapur. Bawang merah mengandung antiseptik alami yang efektif membunuh kuman. Cara menghilangkan sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

8. Bawang putih

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang bisa juga dengan bawang putih. Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptik alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

9. Asam Jawa

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang lainnya dengan asam Jawa. Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Cara menghilangkan sakit gigi dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

10. Cengkeh

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan cengkeh. Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

11. Merica

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang bisa dengan merica karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

12. Serai

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan serai. Serai dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya dengan merebus dua tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

13. Jahe

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang secara alami dengan jahe. Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

14. Air kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan air kelapa adalah berkumurlah menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

Saat sakit gigi menyerang, obati terlebih dahulu dengan cara alami di atas. Jika belum sembuh juga, kamu bisa mengunjungi dokter gigi untuk perawatan lebih lanjut.