Aktual, Independen dan Terpercaya


Anda Sulit Tidur Malam, Ubahlah Kebiasaan Ini

Begadang-dan-Insomnia.jpg
(UNIQPOST.COM)

RIAUONLINE - Sulit tidur malam barang kali sering kali dialami sebagian orang. Sulit tidur malam berimbas pada menurunya kebugaran tubuh saat beraktivitas dan gampang lelah.

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang Anda lakukan yang dapat merusak waktu tidur Anda. Padahal sesungguhnya istirahat yang cukup amat dibutuhkan oleh tubuh.

Melansir dari Shared.com, berikut beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu jam tidur Anda.

1. Menggunakan peralatan elektronik

Menggunakan ponsel, tablet, dan bahkan menonton tv dapat mengganggu rutinitas tidur Anda karena cahaya biru yang dipancarkan perangkat ini.

"Cahaya biru saat menyerang retina akan mematikan produksi normal hormon tidur, melatonin. Ini akan membuat Anda sulit untuk tidur dan bahkan membuat Anda mengantuk di pagi hari," ujar Dr. Rosenberg, seorang dokter tidur bersertifikat.

2. Bersosialisasi

Berkumpul bersama teman memang mengasyikkan. Tapi jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur, bisa mengganggu rutinitas tidur Anda. Bahkan meski itu hanya berupa berbicara di telepon atau mengirim pesan teks.
3. Olahraga
Berolahraga di malam hari bisa mengasyikkan, tapi pastikan Anda mendapat cukup waktu setelah latihan untuk beristirahat dan kembali ke ritme normal.

"Waktu terbaik untuk berolahraga adalah 3-4 jam sebelum tidur," kata Dr. Oexman.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat terdengar membuat Anda begitu nyaman sebelum tidur. Tapi saat Anda melakukannya, Anda sebenarnya meningkatkan suhu tubuh bagian dalam. Prinsip yang sama berlaku untuk berolahraga sebelum tidur dan tidur dalam suhu hangat.

5. Minum kafein

Minum kafein beberapa jam sebelum tidur sesungguhnya dapat menjadi gangguan sebelum tidur. Ini dikarenakan kafein meningkatkan tingkat adrenalin dan energi, menghasilkan efek yang akan membuat Anda tetap terjaga alih-alih membantu Anda tertidur.

6. Tidur Siang

Tidur siang yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat merusak seluruh malam Anda meski badan terasa enak setelah tidur siang.

"Ada data yang menunjukkan bahwa jumlah waktu yang diperlukan untuk tidur secara langsung berkaitan dengan terakhir kali Anda tidur," kata Dr. Breus.

"Tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidur akan menurunkan dorongan untuk tidur."

7. Menunda tidur atau begadang

Menunda tidur sebenarnya hanya akan membuat ritme sirkadian Anda hilang. Yang lebih buruk jika tubuh Anda terlalu lelah, itu dapat membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Kelelahan dan tidak bisa tidur kedengarannya seperti mimpi buruk.

8. Lampu yang terlalu terang

Ketika Anda memaparkan diri Anda pada banyak cahaya terang, kualitas tidur dapat terpengaruh.

"Cahaya dapat mengurangi melatonin, hormon tidur alamii yang membanjiri otak Anda ketika Anda tidur," kata Dr. Aloia.

"Menjaga kamar tidur Anda bebas dari cahaya adalah cara penting untuk memungkinkan tidur yang lebih baik."

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: 8 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Buatmu Sulit Tidur