Aktual, Independen dan Terpercaya


Jalan Kaki di Sore Hari, Cegah Gendut Hingga Tangkal Penyakit

jalan-kaki-bagi-tubuh.jpg
(Net)

RIAU ONLINE - Olahraga tak harus dengan berpeluh di gym. Dengan jalan kaki di sore hari, manfaat kesehatan mulai dari mencegah gendut hingga menangkal penyakit bisa didapat.

Jika kamu adalah orang yang tidak menikmati nge-gym, tetapi ingin punya gaya hidup sehat, jalan kaki mungkin adalah solusinya.

Penelitian membuktikan bahwa jalan kaki tidak hanya meningkatkan kesehatan tetapi juga mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Dikutip dari laman Suara, Minggu 13 Januari 2019, berikut manfaat jalan kaki yang bisa kamu dapatkan:

1. Cegah gendut

Jalan kaki membantumu membangun otot, menghilangkan lemak, dan meningkatkan metabolisme. Semakin cepat langkah dan semakin lama kamu melakukannya, semakin banyak kalori yang akan terbakar sehingga risiko tubuh gendut pun berkurang.

2. Kurangi risiko kanker

Jalan kaki di bawah sinar matahari pagi dan sore minimal 15 menit sehari, memberi cukup vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi, penelitian telah menemukan bahwa orang memiliki telomer yang lebih panjang (DNA pada ujung sel yang semakin kecil setiap kali sel membelah). Sebuah studi dari American Cancer Society menemukan bahwa wanita yang berjalan tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

3. Tangkal penyakit

Jalan kaki dengan langkah sedang selama 30-45 menit setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Appalachian State University di Boone, North Carolina, para peneliti menemukan bahwa tingkat kekebalan tubuh seseorang tetap aktif selama beberapa jam setelah berolahraga, dan itu memiliki efek kumulatif dalam mencegah terserang penyakit dari waktu ke waktu.

Itulah deretan manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Jangan lagi ada alasan untuk malas olahraga di tahun 2019 ya!