Aktual, Independen dan Terpercaya


Hati-hati, 5 Penyakit Ini Kerap Menyerang saat Musim Hujan

SAKIT-JANTUNG.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Musim hujan telah tiba. Suhu yang lebih rendah bisa mendatangkan beberapa penyakit jika daya tahan tubuh tidak mampu menangkal datangnya virus dan bakteri.

Pada umumnya, anak-anak serta lansia yang sering mengalami masalah kesehatan ketika musim hujan tiba. Namun ini tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa pun bisa menderita beberapa masalah kesehatan.

Dilansir dari Suara.Com, Minggu 11 November 2018, berikut lima penyakit yang cenderung datang saat musim hujan.

1. Asma

Cuaca yang dingin bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya penyakit pernapasan ini. Kamu yang punya masalah asma sebaiknya selalu siapkan inhaler ketika musim hujan tiba.

Kamu disarankan agar berada di dalam ruangan ketika cuaca sangat dingin. Gunakan selalu jaket, tutup hidung dan mulut menggunakan masker.

2. Nyeri sendi

Nyeri sendi juga bisa muncul ketika musim hujan tiba. Udara dingin kadang membuat beberapa orang dengan riwayat penyakit ini mudah sekali untuk terserang.

Untuk mencegah ini, kamu bisa melakukan olahraga secara rutin yang bisa kamu lakukan di dalam ruangan. Renang bisa menjadi salah satu alternatif yang paling baik.

3. Demam dan flu

Kedua penyakit ini biasanya berada di daftar paling pertama deretan penyakit musim hujan. Untuk mencegahnya, pastikan selalu menjaga kebersihan diri yang bisa dimulai dari hal yang paling sederhana.

Misalnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu, jika kamu sudah terserang flu, gunakan tisu bukan sapu tangan untuk menghindari paparan kuman.


4. Radang tenggorokan

Bukan hanya musim panas, musim hujan juga bisa membuat tenggorokan bermasalah. Cara efektifnya kamu bisa berkumur air garam agar dapat mengurangi rasa sakit.

5. Serangan jantung

Ya, kamu pasti agak terkejut bahwa penyakit ini masuk dalam kategori penyakit yang sering muncul ketika musim hujan. Serangan jantung memang kerap muncul di saat cuaca dingin.

Ini juga bisa disebabkan oleh kerja jantung yang lebih berat ketika suhu dingin. Jika kamu mengalami ini, kondisikan tubuhmu agar selalu berada dalam kehangatan.

Itu tadi lima penyakit yang sering muncul ketika musim hujan datang. Waspada ya.