Bahaya! Jangan Konsumsi Buah Ini secara Bersamaan

Buah-jeruk.jpg
(Liputan6)

RIAU ONLINE - Semua buah itu sehat sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari. Namun, jangan asal makan buah yang ada di hadapanmu. Ada aturan makan buah yang harus kamu perhatikan.

Kamu juga perlu mengetahui beberapa aturan makan buah jika ingin manfaatnya dapat diserap oleh tubuh secara optimal. Satu di antaranya adalah konsumsi beberapa buah secara bersamaan.

Melansir laman Suara.com Minggu 11 November 2018, menurut Emilia Klapp, BS, RD., seorang penasihat diet mediteranian, aturan ini harus kamu perhatikan karena jika tidak bisa menimbulkan racun hingga penyakit.

1. Jangan konsumsi pepaya dan lemon secara bersamaan

Kedua buah ini juga dilarang dikonsumsi dalam jarak waktu yang dekat. Ini akan berpengaruh pada hemoglobin yang bisa menyebabkan anemia.

2. Dilarang mencampur nanas dengan produk susu


Olahan apa pun yang mengandung susu sebaiknya tidak dikonsumsi dengan nanas. Kedua bahan ini bisa menyebabkan racun pada tubuh.

3. Hindari konsumsi jeruk dan wortel bersamaan

Buah yang sama-sama mengandung vitamin C ini akan lebih baik jika tidak dikonsumsi secara bersamaan. Jika tidak, kamu akan mengalami mulas bahkan bisa menimbulkan masalah pada hati dan tingginya produksi empedu yang bisa berefek pada kesehatan ginjal.

4. Makan buah manis dengan sesama buah manis

Hal ini juga berlaku dengan buah asam. Kalau kamu mengabaikannya, ini bisa memperlambat pembentukkan glukosa yang bisa membentuk toksin dalam tubuh. Kamu juga dilarang mencampur buah manis dengan kacang, ikan, daging, kelapa, telur, keju serta yoghurt.

5. Jangan campur buah asam tinggi dan asam rendah dengan makanan karbohidrat

Buah asam seperti belimbing, jeruk, lemon, jangan dicampur dengan makanan kaya karbohidrat seperti jagung, nasi, roti atau sereal karena ini akan membuat kedua bahan makanan tersebut susah dicerna. Kerja sistem pencernaan akan lebih berat.

6. Buah netral dikonsumsi dengan yang netral

Contoh buah netral misalnya alpukat, pepaya bisa dikonsumsi dengan sesama buah netral. Kamu juga dilarang mencampur dengan buah manis karena bisa merusak hati serta sulit untuk dicerna.

Itu tadi beberapa aturan makan buah yang harus kamu perhatikan demi kesehatan tubuhmu.