Aktual, Independen dan Terpercaya


8 Bahan Alami Ini Redakan Ngilu karena Gigi Berlubang

Benang-Gigi.jpg
INTERNET
ILUSTRASI

RIAU ONLINE - Saat gigi terasa ngilu karena gigi berlubang, banyak orang langsung mencari obat, padahal ada sederet bahan alami yang tak kalah ampuh untuk mengatasi keluhan tersebut.

Perlu diketahui, gigi berlubang sering terjadi pada gigi geraham yang memang digunakan untuk mengoyak segala jenis makanan yang masuk ke dalam rongga mulut.

Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh bakteri yang berkembang dari sisa makanan yang terselip pada salah satu bagian gigi. Lagi-lagi, sebagian besar makanan biasanya terselip pada bagian gigi geraham. Awalnya, gigi yang berlubang tidak menyebabkan rasa sakit.

Namun jika tidak segera diobati, bakteri akan berkembang semakin banyak dan menyebabkan lubang pada gigi semakin besar.

Itulah yang kemudian menyebabkan rasa ngilu pada gigi sehingga mengganggu aktivitas harian Anda. Lantas, bahan alami apa saja yang bisa membantu meredakan gigi ngilu gara-gara gigi berlubang?

Simak ulasannya yang dilansir laman Suara.com, Minggu 23 September2018.

1. Minyak cengkeh

Minyak alami yang terkandung di dalam cengkeh rupanya mengandung eugenol yang bersifat antiseptik dan bisa menjadi anestesi alami. Caranya, Anda bisa langsung mengunyah 2-4 butir cengkeh di area gigi yang terasa ngilu dan sakit. Jika lubang pada gigi sudah terlalu besar sehingga rawan terselip, Anda bisa menekan cengkeh hingga minyaknya keluar, lalu oleskan pada gigi yang ngilu menggunakan cotton bud.

2. Lidah buaya

Selain dikenal dapat meredakan jerawat dan melembabkan wajah secara alami, gel pada lidah buaya terbukti mampu membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, lho! Efek antibakteri dari tanaman ini dapat membunuh bakteri berbahaya pada mulut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menanam lidah buaya di pekarangan rumah sebagai obat alami, nih!

3. Oil pulling

Bagi yang belum tahu, larutan ini berasal dari sistem pengobatan alternatif kuno yang disebut dengan Ayurveda. Minyak ini biasanya terbuat dari minyak kelapa maupun minyak wijen yang dikenal memiliki sifat antibakteri. Pengobatan ini biasa dilakukan dengan memasukan minyak langsung ke dalam mulut dan kemudian memuntahkannya. Minyak ini juga diyakini dapat menghilangkan plak pada gigi, sehingga selain mampu mencegah dan mengobati gigi berlubang, juga dapat merawat gigi tetap putih bersinar.

4. Vitamin D

Vitamin D dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan pada gigi berlubang secara signifikan. Kandungan ini memiliki efek mineralisasi yang dapat membantu memperkuat enamel pada gigi, sehingga gigi menjadi lebih kuat dan kokoh, juga menghambat lubang menjadi semakin besar.

5. Memakan licorice

Licorice atau sejenis tanaman akar manis ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meredakan ngilu pada gigi yang berlubang. Lalu, apa saja makanan yang mengandung licorice? Lolipop! Sebuah penelitian menyebutkan kalau menghisap lollipop yang mengandung ekstrak licorice dapat membantu mencegah gigi berlubang. Bisa dicoba, nih!

6. Permet karet bebas gula

Mengonsumsi permet karet bebas gula setelah makan dapat mengurangi tingkat bakteri yang merukan enamel pada gigi, lho! Selain itu, Anda juga dapat menghindari pembusukan pada gigi berlubang.

7. Hindari asam fitat

Kandungan asam fitat biasanya sering ditemui di dalam sereal dan kacang-kacangan, seperti kacang merah. Nah, jika Anda sedang mengalami gigi berlubang, hindarilah makanan yang mengandung zat ini karena asam fitat terbukti dapat merusak enamel gigi. Maka dari itu, hindarilah makanan-makanan berikut jika Anda sedang sakit gigi seperti jagung, gandum, nasi, gandum hitam, kacang merah, kacang haricot, kacang pinto, kacang navy, kacang blackeye dan kacang broad.

8. Hindari makanan dan minuman manis

Selain itu hindari pula makanan dan minuman manis, karena gula merupakan salah satu penyebab utama pada gigi berlubang. Gula yang bercampur dengan bakteri di dalam mulut dapat membentuk asam dan mengurangi kekuatan enamel gigi.

Selain menghindari makanan dan minuman manis, Anda juga dianjurkan untuk melakukan perawatan dengan dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi. Itulah beragam obat sakit gigi berlubang dari bahan alami beserta pantangan yang bisa Anda coba dan terapkan di rumah untuk meredakan ngilu dan nyeri pada gigi.