Khasiat 5 Obat Ini Berkurang Bila Diminum Dengan Teh

Teh.jpg
(internet)

RIAUONLINE - Bagi orang yang sulit menelan obat biasanya mencari alternatif lain untuk mengurangi rasa pahit di lidah. Tidak jarang orang lebih menggunakan minuman teh untuk mendorong obat yang pahit itu masuk ke kerongkongan. Namun tidak banyak pula yang tahu, minuman teh justru mengurangi khasiat dari obat itu sendiri.

Berikut obat-obatan yang disarankan tidak diminum bersama teh dikutip dari laman brilio.net, Senin (3/9/2018):

1. Obat diabetes

Seperti yang kita ketahui, kandungan gula pada teh memang tak baik untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Pasalnya ini akan menambah kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu saat konsumsi obat diabetes, ada baiknya menggunakan air putih saja.

2. Antibiotik

Jika kamu sedang mengkonsumi antiobiotik, ada baiknya kamu tak minum teh, karena kandungan kafein pada teh memberikan efek peningkatan detak jantung, dan perasaan cemas pada seseorang.

3. Obat Hipertensi

Sebenarnya mengonsumsi teh hijau pada pengidap hipertensi mampu mengurangi efektivitas kerja obatnya. Selain itu kandungan di dalam teh diduga dapat berdampak terhadap penyerapan obat di dalam usus.

4. Obat Kontrasepsi

Sama halnya dengan antibiotik, sebaiknya Anda jangan mengonsumi obat kontrasepsi bersamaan dengan teh. Pasalnya bahaya kafein mampu meningkatkan detak jantung dan perasaan cemas.

5. Obat Herbal

Bahaya kafein pada teh juga bisa menurunkan penyerapan zat besi dan asam folat pada obat herbal. Sehingga bila Anda meminum obat herbal disertai teh, khasiat obat tersebut akan menjadi sia-sia.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Awas, 5 Obat Ini Tidak Boleh Diminum Menggunakan Teh