Aktual, Independen dan Terpercaya


5 Penyakit Yang Mengincar Anda Saat Berlebihan Makan Daging Kambing

Sate.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Berbagai masakan olahan daging kambing sangat sayang bila dilewatkan saat merayakan Idul Adha. Setidaknya anda akan memiliki persediaan berlebih seusai perayaan hari raya kurban.

Tapi anda harus ingat juga, makan daging kambing berlebih justru beresiko bagi kesehetan. Lantas, penyakit berbahaya apa saja yang bisa Anda alami bila makan kambing berlebihan? Simak ulasannya.

1. Kolesterol naik

Risiko kolesterol tinggi dapat terjadi bila terlalu banyak makan daging kambing, bahkan bisa mencapai 39 mg/100 gram. Dalam beberapa kasus kolesterol tinggi dapat menyerang seseorang yang memiliki kolesterol normal, sehingga berisiko terkena kardiovaskular.

2. Gangguan pencernaan atas-bawah

Lemak berlebihan yang berasal dari daging kambing dapat tertimbun di lambung yang menyebabkan terjadinya pengosongan. Dalam kasus ini biasanya penderita akan merasa panas di dada atau heartburn.

3. Nyeri ulu hati

Reaksi langsung yang sering dialami banyak orang setelah mengonsumsi daging kambing biasanya pusing, pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Ini terjadi karena terjadi aliran balik dari lambung ke kerongkongan. Dalam kasus tertentu, beberapa orang mengalami sesak napas.

4. Jantung

Salah satu penyebab sakit jantung bisa disebabkan karena terlalu banyak makan daging kambing. Ini dikarenakan kandungan lemak hewaninya yang tinggi. Sehingga terjadi penimbunan lemak, bahkan bisa sampai ke pembuluh darah. Jadi aliran darah yang seharusnya mengalir ke otak, terhalang oleh pembuluh darah yang terdapat timbunan lemak.

5. Obesitas

Tingginya kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh yang berasal dari daging kambing dapat meningkatkan risiko obesitas. Jika timbunan lemak di tubuh semakin banyak, maka muncul risiko penyakit lain, seperti penyempitan pembuluh darah hingga kardiovaskular.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Makan Kambing Berlebihan saat Idul Adha, Awas 5 Penyakit Ini!