Luar Biasa, Ini 17 Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh

siung.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Bawang putih bukan sekadar dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ataupun penyedap makanan. Lain dari itu, bawang putih ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Bawang putih mampu mengobati berbagai penyakit dalam tubuh. Bawang putih memang memiliki aroma yang tajam. Namun Anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Bawang putih mengandung beragam manfaat sehat seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com (26/7) berikut ini:

1. Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

2. Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

4. Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL)

5. Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

6. Mencegah alzheimer dan demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.


7. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

8. Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

9. Meningkatkan metabolisme tubuh

Enzim alami yang ada pada bawang putih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda.

10. Membantu menurunkan berat badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik

11. Mengobati sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

12. Mengobati flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

13. Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti-inflamasi pada bawang putih dapat mengobati penyakit tersebut. Anda bisa memakan mentah bawang putih bisa juga dengan mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

14. Mengobati jamur kaki

Sama halnya dengan poin 12, sifat anti-inflamasi dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

15. Menambah gairah seksualitas bagi pria

Manfaat bawang putih untuk pria adalah untuk menambah gairah seksualitas. Sebabnya bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual.

Cara mendapatkan manfaat sehat ini adalah dengan mencampur bawang putih, telur ayam kampung, dan madu. Lalu minumlah ramuan tersebut secara rutin.

16. Menyuburkan rambut

Merawat rambut dengan bawang putih dapat memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan, mengobati kulit kepala yang berketombe, dan membuat rambut lebih tebal serta bersinar. Caranya adalah siapkan bawang putih secukupnya, kemudian blender hingga halus. Lalu gunakan sebagai masker rambut

17. Mengurangi tumbuhnya jerawat

Lelah dengan jerawat yang selalu tumbuh silih berganti? Saatnya membasmi penyebab jerawat dari akarnya, yakni dengan membersihkan darah. Caranya adalah rutin makan bawang putih sebanyak 1-2 siung setiap hari.