Tahukah Kamu? Nonton Piala Dunia Punya Manfaat. Ini Dia...

Nonton-Bola.jpg
(Klikdokter.com/Vasyl Shulga/Shutterstock)

 

RIAU ONLINE - Keseruan Piala Dunia Rusia akan berlangsung sepanjang Juni hingga Juli 2018 mendatang. Sejumlah timnas dipastikan melaju ke babak 16 besar, sedangkan yang lainnya harus puas berlaga hingga babak penyisihan.

Tapi tahukah kamu? Ternyata nonton pertandingan sepak bola punya manfaat positif. Tak hanya tentang kepuasan batih, tapi juga bagi kesehatan tubuh.

Apa saja? Ini tiga manfaat nonton Piala Dunia, dilansir dari Klikdokter.com, Sabtu, 30 Juni 2018:

1. Terinspirasi melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang sehat bisa membuat kamu merasa lebih baik. Kecemasan berkurang, suasana hati pun menjadi lebih bahagia.

Misalnya menyaksikan beberapa bintang sepakbola top dunia saat bermain, dapat menginspirasi. Kamu mungkin akan tergerak untuk lebih aktif dan sehat seperti atlet-atlet kesayangan kamu.

Sambil menyaksikan Piala Dunia 2018, kamu juga bisa jeda sebentar 15 menit untuk berjalan-jalan sambil menunggu iklan, saat para pemain beristirahat.

Bahkan, dengan teriakan yang penuh semangat, lompat hingga tepuk tangan saat nonton bareng Piala Dunia juga mampu membakar banyak kalori.

Public Health Agency (PHA) mendorong penonton memanfaatkan momen Piala Dunia 2018 sebagai inspirasi untuk memulai beberapa aktivitas yang sehat.

Asisten Direktur Peningkatan Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial di PHA, Mary Black, memaparkan bahwa kamu bisa bergerak lebih banyak seperti para pesepakbola tersebut.

Beraktivitas fisik secara rutin membantu kamu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit seperti, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker usus besar.

2. Mempererat ikatan

Siapa sangka, nonton Piala Dunia 2018 bareng di televisi bersama keluarga atau rekan sangat bermanfaat untuk hubungan sosial. enurut Renee Clauselle, psikolog keluarga dari Long Island, Amerika Serikat, nonton bareng pertandingan bola mampu memperkuat ikatan dalam sebuah komunitas.

"Menonton pertandingan olahraga – dalam kejuaraan tingkat tertinggi dan terendah – mampu memperkuat ikatan serta menjadi ajang seseorang lebih terbuka akan hal-hal pribadi," katanya.

Misalnya saat menonton laga tersebut, bisa muncul perbincangan bahwa rekan kerja dulunya adalah jagoan pemain sepak bola saat sekolah. Hal-hal seperti ini mampu meningkatkan ikatan dalam hubungan selanjutnya.

3. Meningkatkan rasa bahagia

Selain hobi, nonton Piala Dunia 2018 bermanfaat untuk meningkatkan kebahagiaan. Hal ini diungkapkan Daniel Wann dari Murray State University dalam bukunya berjudul “Sport Fans: The Psychology And Social Impact Of Spectators”.

Relasi dengan orang lain penting bagi kebahagiaan seseorang, dan hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian psikologi. Dalam hal ini, bertemu komunitas baru sesama suporter tentunya akan menimbulkan rasa kebersamaan.

Seperti, dengan mengenakan pakaian yang sama, syal-syal yang sama, menyanyikan lagu yang sama, seseorang akan saling terhubung satu sama lain. Mereka akan berkomunikasi tentang tim kebanggaan meskipun tidak saling kenal.

Akhirnya, saat tim kebanggaan memenangkan pertandingan atau bahkan kejuaraan, para suporter akan merasakan emosi bahagia yang sama. Rasa senang karena menang tersebut adalah emosi yang berharga.

Nonton Piala Dunia 2018 tak hanya soal seru-seruan. Kamu juga bisa mendapat sejumlah manfaat kesehatan. Namun ingat, imbangi kegiatan tersebut dengan mengonsumsi camilan sehat saat menonton, serta istirahat cukup sebelum dan sesudah menonton.