Begini Cara Agar Kulit Bisa Bernapas Secara Optimal

Kecantikan-kulit.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE - Kulit wajah memiliki karakteristik yang berbeda seperti tipe normal, kering, berminyak, ataupun sensitif dan pada dasarnya sifat kulit wajah lebih tipis ketimbang kulit bagian tubuh lainnya, sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk membersihkan wajah, terutama untuk menjaga kulit tetap dapat bernapas.

Menurut Lili Legiawati, SpKK (K), Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), kulit normal beregenerasi setiap 27-28 hari sekali.

"Salah satu cara merawat kulit adalah dengan membersihkan wajah secara teratur agar proses regenerasi tersebut bisa berjalan dengan baik," ujarnya dalam acara peluncuran Nivea MicellAIR Skin Breathe di Jakarta, melansir laman Suara, Minggu 29 April 2018.

Apalagi, lanjut dia, di negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia, membersihkan wajah disarankan untuk dilakukan sebanyak tiga kali sehari untuk kulit normal, sedangkan untuk kulit berminyak dan berjerawat disarankan sebanyak 3-4 kali.

Pemilihan produk pembersih, ungkap Lili, juga harus diperhatikan.

Dianjurkan untuk memilih produk yang tidak mengandung alkohol agar dapat mempertahankan kelembaban kulit alami dan kulit mampu Bernafas dengan baik.

"Membiarkan kulit 'bernapas' sangat penting untuk memaksimalkan fungsi kulit secara optimal," tutup dia.(2)