Waspada TBC, Hati-hati dengan Percikan Ludah dan Dahak

Ilustrasi-masker.jpg
(VOA Indonesia)

RIAU ONLINE - Setiap tanggal 24 Maret 2018, kita memperingatinya sebagai Hari Tuberkulosis atau TBC Dunia.

Penyakit ini cukup menjadi momok karena cukup banyak kasusnya hingga menyebabkan kematian. Data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Januari lalu menunjukkan jumlah kasus TBC di Indonesia mencapai 1,6 juta orang selama 2016, dengan estimasi 100 ribu kematian per tahun.

Artinya, terdapat 273 kasus kematian per hari atau 11 kematian setiap jam akibat TBC.

Tuberkulosis masuk daftar sepuluh penyakit menular yang menyebabkan kematian di seluruh dunia. Pada 2016, sebanyak 10,4 juta orang telah tertular penyakit TBC dan 1,7 juta orang di antaranya meninggal.

Dikutip dari Antaranews.com, Indonesia, India, Cina, Filipina, Pakistan, Nigeria, dan Afrika Selatan merupakan tujuh negara berkembang yang menyumbang 64 persen dari total penyebaran tuberkulosis di seluruh dunia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan TBC paling rentan menular melalui ruang publik, misalnya transportasi umum, melalui perantara udara.


"Percikan ludah atau dahak yang dikeluarkan menjadi media penularan yang sangat cepat," kata Anung Sugihantono.

Selain itu, batuk dan bersin juga bisa menyebarkan kuman yang jumlahnya tak terhingga. Karena itu, Anung Sugihantono mengingatkan agar penderita TBC memakai masker serta menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Pada peringatan Hari Tuberkulosis Dunia ini, Kementerian Kesehatan membagikan ribuan respirator N95 di Monas, Jakarta Pusat.

"Kami menyarankan pemakaian respirator N95 oleh masyarakat, baik pasien tuberkulosis untuk mencegah terjadinya penularan kepada orang lain maupun masyarakat umum untuk melindungi mereka dari tertularnya penyakit," ujar Manajer Divisi Peduli Kesehatan Konsumen PT 3M Indonesia Yunadi Aulia Desmawan. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id