Konsumsi Air Alkali Efektif Cegah Penyakit, Bukan Mengobati

Air-Alkali.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Beberapa waktu lalu, manfaat air alkali bagi kesehatan sempat menuai kontroversi setelah Kementerian Kesehatan mengimbau produsen air alkali dengan merek Kangen Water menarik brosurnya di pasaran. Kemenkes menilai bahwa klaim kesehatan air alkali ini berlebihan karena diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Lalu, apakah air alkali benar-benar bermanfaat bagi tubuh? Dokter spesialis penyakit dalam, Andy Pratama Dharma, mengatakan bahwa beragam penelitian telah mengungkap khasiat air alkali untuk mempercepat penyembuhan berbagai penyakit, dan bukannya mengobati penyakit seperti yang diungkapkan para pemasar air alkali.

Ia mengatakan, ada lebih dari 500 penelitian di jurnal kedokteran yang menunjukkan manfaat air alkali dalam mempercepat penyembuhan 150 penyakit. Konsumsi air alkali secara rutin, kata dia, juga efektif mencegah timbulnya penyakit bagi orang yang sehat.

"Air alkali bisa mempercepat penyembuhan beragam penyakit, salah satunya diabetes. Pasien diabetes yang mengonsumsi air alkali secara rutin disertai dengan obat-obatan terbukti mengalami penurunan kadar gula darah dibandingkan yang hanya minum air biasa. Ini ada bukti ilmiahnya, bukan klaim biasa," ujar dr. Andy dilansir laman SUARA.COM, Rabu 24 Januari 2018.

Ia menambahkan, manfaat paling besar justru dirasakan bagi orang yang sehat yang memiliki keluarga dengan penyakit kronik yang bisa diturunkan. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak terkecoh informasi yang menyebutkan bahwa air alkali memiliki efek samping, karena hal ini tak pernah dibuktikan secara ilmiah.


"Penelitian tentang keamanan dan efektivitas air alkali dalam pengobatan dan pencegahan penyakit sudah diteliti sejak 1931 di Jepang menurut jurnal kedokteran. Penelitian itu lalu pada tahun 1966 dilakukan pada hewan dan manusia dan dipresentasikan ke Depkes Jepang hingga akhirnya disetujui untuk dikonsumsi," tambah dia.

Penyakit sendiri, kata dia, timbul akibat kadar asam dalam tubuh yang terlalu tinggi. Konsumsi air alkali dengan tingkat pH basa dapat membantu menetralkan asam pada tubuh sehingga mempercepat penyembuhan penyakit. Kandungan antioksidan dalam air alkali juga dapat melawan radikal bebas pemicu berbagai penyakit.

"Dari kajian yang dilakukan, manfaat air alkali bukan untuk pengobatan tapi hanya mendampingi. Bukan berarti minum air alkali saja bisa sembuh, tapi kandungan di dalamnya bagus untuk mempercepat penyembuhan penyakit," tandasnya.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id